Beranda Tips

Awas Ada Ponsel Xiaomi Palsu Beredar, Begini Cara Membedakannya!

6
0

Layaknya semua produk yang terkenal, Xiaomi tidak ketinggalan menjadi sasaran para produsen “spesialis” produk replika atau yang lebih kita kenal dengan barang “KW”. Barang “KW” memang bukan menjadi hal yang mengherankan untuk produk terkenal, bahkan bisa menjadi indikator apakah sebuah produk sudah banyak dicari masyarakat atau tidak.

Seperti contohnya ponsel dari Samsung dan Apple, karena mereka sudah terkenal di masyarakat, maka ponsel replika mereka juga akan semakin banyak ditemui.

Nah, untuk Gadgeteers yang sedang memakai Xiaomi, atau sedang ingin membeli ponsel Xiaomi, tentu tidak ingin tertipu ketika membeli ponsel dari Tiongkok ini dan mendapatkan barang palsu. GadgetGaul akan memberikan beberapa tips yang disarankan langsung oleh Xiaomi dan pengalaman dari Blogger bernama Prasetyo Herfianto, salah seorang Blogger yang memiliki pengalaman kurang menyenangkan dengan Xiaomi “KW”.

Cara termudah dan paling akurat adalah dengan mendownload aplikasi dari Xiaomi di jd.mi.com, install aplikasi di ponsel, dan gunakan aplikasi itu untuk menscan kode QR yang ada di hjd.mi.com. Secara otomatis website itu akan memberikan informasi apakah perangkat Xiaomi Gadgeteers asli atau palsu. (Catatan: cara ini hanya bisa digunakan untuk ponsel Xiaomi yang baru, yaitu Mi 4 dan Mi 4i)

11003

Cara yang cukup mudah lainnya adalah dengan mencocokkan IMEI dan serial number pada kotak yang membungkus ponsel dan ponsel itu sendiri. Jika keduanya sama, maka kemungkinan besar Xiaomi Gadgeteers asli, jika ada salah satu yang tidak cocok, kemungkinan Xiaomi itu palsu.

Untuk memastikan apakah Xiaomi itu benar-benar asli atau palsu adalah dengan cara yang dilakukan oleh Prasetyo, yaitu dengan cara melakukan factory reset pada ponsel tersebut untuk menghapus semua “data palsu” yang dibawa dari awal. Data palsu yang dibawa ini bertujuan untuk menipu aplikasi benchmark seperi Antutu, sensor box, dan CPU-Z, dengan memberikan data kalau Xiaomi palsu itu adalah Xiaomi asli.

Topik Hot Lainnya:   Fitur iOS 11 yang Tak Banyak Diungkap oleh Apple

11004

Setelah melakukan factory reset, Gadgeteers bisa langsung mencocokkan data-data dari aplikasi benchmark tersebut dengan data resmi. Kalau berbeda, maka bisa dipastikan Xiaomi Gadgeteers palsu dan Gadgeteers harus minta pergantian perangkat yang asli dari sang penjual.

via Tekno.kompas.com
diedit oleh WN

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − three =