Beranda Berita

Awas. Nomor Telepon Prefix +77 Terindikasi Penipu!

18
0

Hati-hati jika Gadgeteers menerima panggilan telepon dari nomor yang mempunyai prefix +77. Apa sebab? Menurut Telkomsel, nomor telepon tersebut adalah panggilan spam dari luar negeri yang terindikasi spam atau penipuan. Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, Telkomsel bahkan sudah memblokir nomor tersebut.

“Sehubungan dengan adanya laporan pelanggan terhadap panggilan dari nomor yg diawali dengan +77, dapat kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan spam yang berasal dari luar negeri,” kata Denny Abidin, GM External Corpcomm Telkomsel yang @GadgetGaul kutip dari KompasTekno, Selasa (27/12/2016).

“Kami sudah memblokir nomor tersebut, jadi sekarang pengguna Telkomsel lebih terlindungi.” Imbuhnya.

telkomsep-inboundid
sumber: InboundID.com

Langkah pemblokiran yang dilakukan Telkomsel diambil menyusul adanya laporan dari sejumlah pengguna Kartu Halo yang mengaku menerima panggilan dari nomor tersebut. +77 diyakini adalah prefix untuk panggilan dari luar negeri. Prefix +7 sendiri merujuk pada pada panggilan wilayah Rusia, kemudian satu angka 7 lainnya mengacu pada wilayah Kazakhstan.

Tak hanya heboh di media sosial, kabar ancaman kebocoran data dan biaya hingga $30 juga disebutkan dalam pesan berantai di grup percakapan terkait panggilan dari nomor berawalan +77 tersebut. Kebenaran dari kabar in masih belum dapat dipastikan, dan apa tujuan dari oknum di balik nomor itu masih misteri. Namun akan sangat bijaksana bila Gadgeteers menghindari menerima atau melakukan pembicaraan dengan perusahaan fiktif tersebut yang berpotensi mengancam privasi.

via Tekno.kompas.com
feature image via Play.google.com
WN

Topik Hot Lainnya:   Smartfren Percepat Implementasi Layanan 4G LTE di Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =