Jika Evercoss lebih tertarik membuat toko aplikasi EVERSTORE, lain lagi dengan Baidu. Melalui kembangannya, MoboMarket, perusahaan asal Tiongkok ini lebih memilih untuk menggelar kompetisi guna menyaring pengembang lokal berpotensi. Melalui kompetisi yang kemudian bernama Finding Top 50 Local Apps, Baidu ingin memberikan kesempatan lebih kepada pengembang-pengembang kreatif lokal untuk menampakkan diri sehingga terekspos ke publik.

Kompetisi Finding Top 50 Local Apps sejatinya sudah dimulai sejak tanggal 10 September lalu. Praktis kompetisi sudah memasuki pekan ke-8. Total ada 200 aplikasi yang sudah terdaftar dalam kompetisi ini. Baidu masih mengundang pengembang lokal lain yang belum tergabung untuk mendaftarkan diri.

Jpeg

“Kami masih mengundang lebih banyak lagi pengembang dari kota-kota lainnya di Indonesia untuk mendaftarkan aplikasi mereka ke dalam ajang ‘Finding Top 50 Local Apps’,” ujar Edo Suryo Pamungkas, Product Manager of MoboMarket di Indonesia.

Seluruh aplikasi yang terdaftar nantinya akan dipisahkan dalam dua kelompok, yakni kelompok games dan non-games. Menurut pantauan Baidu, peserta kompetisi didominasi peserta dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Kemudian ada pula peserta dari Bandung, Malang, Sidoarjo, Surabaya dan Palembang.

Layaknya kompetisi pada umumnya, Baidu juga telah menyiapkan hadiah menarik bagi para pemenang. Total hadiah yang diperebutkan mencapai US$15.000 atau sekitar Rp180 juta dan juga hadiah-hadiah lain yang tak kalah menggiurkan. Detailnya sebagai berikut, 50 aplikasi terbaik masing-masing berhak mendapatkan hadiah sebesar US$300 lalu dari 50 aplikasi terbaik tersebut Baidu akan memilih 10 aplikasi yang paling oke untuk dipasarkan di MoboMarket dan diikutkan dalam ajang Startup Asia Jakarta yang akan digelar pada tanggal 26-27 November 2014.

Untuk mensosialisasikan kompetisi ini sekaligus memperkenalkan MoboMarket ke masyarakat Indonesia khususnya kawula muda, Baidu bekerjasama dengan Tech in Asia telah menyusun jadwal roadshow ke empat kota besar di Indonesia (beberapa sudah terlaksana) dimulai dari Jakarta (25 September 2014), Bandung (10 Oktober 2014), dan Yogyakarta (24 Oktober 2014) dan Surabaya dijadwalkan pada tanggal 6 November 2014 mendatang.

Bagi Gadgeteers yang merasa punya kemampuan di bidang ini, segera daftarkan diri Anda paling lambat tanggal 15 November 2014. Pendaftaran dapat dilakukan di http://id.techinasia.com/top50.

Editor: Eunike Kartini