Setelah diakuisisi oleh  XL tahun lalu dengan mahar sebesar USD 865 juta, Axis sempat diberitakan akan menjadi tumbal dan dimatikan. Namun keputusan tersebut tampaknya dianulir dengan diluncurkannya kembali brand yang identik dengan warna ungu tersebut.

Axis menjalani reinkarnasi dari mati suri dengan konsep baru yang mengimplementasikan strategi dan segmentasi harga. Tampak sekali bahwa XL ingin mengeruk keuntungan dari target pasar yang berbeda. Sebagaimana kita ketahui XL juga merupakan operator GSM.

Axis_1

Terkait dua brand dalam satu pasar yang sama ini, menurut Mediko Azwar, Senior VP Brand Management XL bukanlah sesuatu yang aneh ataupun baru. XL dan Axis saat ini dirancang dengan sasaran yang berbeda, jika XL diperuntukkan bagi konsumen menengah ke atas. Axis lebih ditujukan untuk konsumen kelas bawah lewat paket harganya yang terjangkau.

Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini yang memimpin acara peluncuran kembali Axis pada hari Senin, (30/3/2015) mengatakan bahwa tujuan dari peluncuran kembali Axis adalan untuk memberikan layanan yang lebih lengkap kepada pelanggan. Kini dengan adanya dua brand, artinya konsumen punya dua pilihan dimana paket yang ditawarkan oleh keduanya pun beragam dan berbeda.

Axis_2

Penggunaan tagline Axis itu Irit menegaskan kembali posisi pasar brand tersebut di antara para pesaingnya. Kendati ancaman sebenarnya justru datang dari internal, dualisme brand seperti ini berpotensi menimbulkan kanibalisme di sisi pasar.

Saat ini jumlah pengguna AXIS merupakan bagian dari total pelanggan XL yang mencapai 59,6 juta pelanggan. Namun XL membuat kebijakan di mana Axis memperoleh sebagian kecil pita frekeunsi, sementara mayoritas akan diprioritaskan untuk jaringan 4G LTE XL.

XL sendiri total memiliki infrastruktur yang baik dengan panjang fiber optik mencapai 30 ribu km melintasi pulau-pulau di Indonesia dan BTS berjumlah lebih dari 52 ribu di seluruh Indonesia.

Untuk menarik minat konsumen, Axis menawarkan paket perdana AXIS – Iritology dengan harga yang sangat terjangkau seperti telpon gratis selama 20 menit pertama dan tambahan 20 SMS mulai pukul 00.00 sampai dengan 17.00.

loading...