Beranda Analisa

Beda Antara Vivo V5 dan Vivo V5 Plus

22
0

Setelah pada bulan November 2016 lalu merilis Vivo V5, minggu lalu Vivo kembali merilis smartphone selfie barunya yakni Vivo V5 Plus. Mengusung tagline “The world’s first 20MP Dual Front Camera Smartphone”, apa saja perbedaan antara Vivo V5 Plus dibandingkan dengan pendahulunya?

Dari segi desain memang tidak ada perubahan signifikan antara Vivo V5 dengan Vivo V5 Plus. Satu-satunya perubahan terlihat pada garis antena penguat sinyal pada Vivo V5 Plus yang terletak di bagian atas dan bawah  cover smartphone yang secara tidak langsung mengingatkan @GadgetGaul pada iPhone 7. Sayangnya Vivo tidak melengkapi V5 Plus dengan selot microSD seperti pada V5 dan mengkompensasinya dengan penambahan kapasitas penyimpanan internal dari 32GB pada V5 menjadi 64GB pada V5 Plus.

Vivo V5 Plus Launching Indonesia

Sama-sama mengusung layar IPS 5.5-inch, Vivo membekali V5 Plus dengan resolusi FullHD 1080p sementara resolusi V5 hanya HD 720p. Hal ini sekaligus membuat kerapatan layar Vivo V5 Plus yang 401 ppi menjadi lebih tajam jika kita bandingkan dengan Vivo V5 yang hanya 267 ppi. Tidak hanya itu, Vivo juga memasang Corning Gorilla Glass 5 di V5 Plus yang membuatnya lebih tahan goresan dan benturan dibandingkan dengan V5.

Vivo V5 menggunakan Chipset MT6750 buatan MediaTek yang menggunakan prosesor delapan inti berasitektur Cortex-A53 dengan kecepatan hingga 1.5GHz yang dikombinasikan dengan kartu pengolah grafis Mali T860. Sementara Vivo V5 Plus menggunakan Chipset Snapdragon 625 buatan Qualcomm yang menggunakan prosesor delapan inti berasitektur Cortex-A53 berkecepatan hingga 1.5GHz dengan teknologi 14nm FinFET yang diklaim lebih bertenaga dan lebih hemat baterai.

Vivo-V5-Plus-Selfie-Bokeh

Kamera adalah salah satu nilai jual utama smartphone Vivo selain Hi-Fi audio dari DAC AK476. Vivo memasang kamera beresolusi 13MP di belakang dan 20MP di depan yang menggunakan sensor Sony IMX376 berukuran 1/2.78 dan memiliki bukaan lensa f/2.0. Sementara pada V5 Plus, Vivo menyematkan kamera belakang beresolusi 16MP dan dua buah kamera depan dengan sensor yang sama dengan V5 yang masing-masing beresolusi 20MP dan 8MP. Keberadaan dua buah kamera depan ini dimaksudkan untuk menciptakan efek bokeh pada saat selfie. Efek bokeh ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan keinginan pengguna.

Topik Hot Lainnya:   5 Efek Negatif Gadget Pada Tubuh Manusia

Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan baterai berjenis Lithium Polymer. Vivo V5 menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh sedangkan Vivo V5 Plus 3.160 mAh. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar dan penggunaan prosesor yang lebih hemat baterai, Vivo V5 Plus hampir pasti akan memiliki screen-on time (waktu penggunaan) yang lebih baik pada beban penggunaan yang relatif sama dengan Vivo V5.  Proses pengisian baterai pada Vivo V5 Plus secara teori akan lebih cepat karena telah mendukung fast-charging yang tidak terdapat pada pendahulunya. Kendati dibekali kapasitas baterai lebih besar, V5 Plus memiliki bodi yang sedikit lebih tipis  (7.26mm) dibandingkan dengan bodi V5 (7.55mm).

Dari sisi pemasaran, Vivo menggunakan Agnes Monica sebagai brand ambassador V5 sementara sebagai brand ambassador V5 Plus, Vivo menggaet Afghan dan Pevita Pearce.

Afghan Pevita Vivo V5 Plus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × four =