Beranda Aplikasi

Belum Satu Bulan, Netflix Diblokir oleh Telkom Group

4
1

Belum genap sebulan beroperasi di Indonesia, layanan video streaming on-demand Netflix telah menuai beberapa berita miring mengenai keberadaan mereka yang dianggap “tidak legal”. Hal itu dikarenakan Netflix belum memiliki izin dan badan hukum tetap yang harus dituntaskan untuk dapat beroperasi layaknya Facebook atau Google.

Netflix telah diberikan beberapa alternatif seperti bekerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia. Opsi lain yang ditawarkan adalah Netflix mendaftarkan diri sebagai penyelenggara penyedia konten. Pemerintah memberikan waktu satu bulan bagi Netflix untuk memenuhi kewajibannya.

27001

Namun, walaupun tenggat yang diberikan belum berakhir, Telkom Group resmi memblokir Netflix terhitung mulai hari ini, Rabu 27 Januari 2016. Itu artinya pengguna layanan internet Indihome, WiFi.id, dan telkomsel tidak bisa mengakses layanan Netflix seperti biasanya. Kabar ini telah terkonfirmasi oleh para pengguna yang mengeluhkan pemblokiran ini di Twitter. “Netflix diblock sama Indihome lho”, keluh akun Bonang Setoaji. Telkom Group beralasan jika layanan Netflix dianggap tidak memenuhi aturan yang berlaku di Indonesia dan banyak memuat konten porno.

27002

Sementara itu, layanan operator lain seperti XL dan Smartfren masih menunggu keputusan pemerintah akan hal ini. Saat ini mereka masih belum membatasi akses penggunanya ke Netflix. “Sampai saat ini kami tidak blokir karena belum ada arahan,” kata GM Corporate Communication XL, Tri Wahyuningsih, seperti yang dikutip dari KompasTekno.

Ayu mengisyaratkan dukungan XL atas kehadiran Netflix di Indonesia karena dapat membangun ekosistem penerapan internet cepat di Indonesia. Hal ini cukup wajar karena untuk menikmati layanan Netflix dengan nyaman, pengguna harus memiliki kecepatan internet sampai batas tertentu. Sampai saat ini belum ada langkah dari pemerintah soal pemblokiran Netflix oleh Telkom Group.

Topik Hot Lainnya:   Koleksi Aplikasi Wifi untuk Android, Ada yang untuk Mengelola dan Mencari WiFi Gratis

via Tekno.kompas.com

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 7 =