Beranda Berita

Benarkah Donasi “Wah” Bos Facebook Cuma Akal-akalan Agar Bebas Pajak?

4
0

Bertepatan dengan hari kelahiran anaknya yang bernama Maxima, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa ia akan mengalokasikan 99 persen saham Facebook miliknya untuk Chan Zuckerberg Initiative, sebuah yayasan sosial yang didirikan bersama istrinya Prisilia Chan.

Hal itu mendapatkan ribuan tanggapan positif yang mendukung langkah Mark, namun tidak sedikit pula yang skeptis dan menganggap kalau Mark memiliki rencana lain di balik itu, yakni untuk menghindari pajak Facebook yang bernilai miliaran dollar AS.

Amerika memang mempunyai kebijakan untuk meringankan pajak untuk orang-orang yang mengalokasikan dana pribadinya untuk badan sosial atau amal. Mark yang tidak ingin isu ini terus berlarut pun segera meluruskan manajemen yayasan sosialnya secara lebih rinci. Iia menjelaskan bahwa Chan Zuckerberg Initiative akan menjadi sebuah badan sosial yang berbentuk Limited Liability Company (LLC). LLC adalah bentuk badan usaha hibrida yang dijalankan tanpa menempatkan resiko aset pribadi, yang berarti Mark tidak akan mendapatkan keuntungan pajak dari rencananya tersebut.

05002

Dengan mekanisme LLC ini juga, yayasan sosial ini bisa lebih fleksibel dalam hal keuangan dan pengaruh kepentingan. Fleksibilitas tersebut meliputi kemampuan untuk mengalokasikan dana untuk organisasi non-profit, investasi ke perusahaan dan gerakan sosial, atau berpartisipasi dalam diskusi kebijakan yang dianggap baik.

Di dalam keterangan yang dikeluarkan oleh Mark, dia juga mencoba meluruskan isu bahwa Facebook tidak adil dalam membayar pajak untuk negara-negara di mana Facebook beroperasi. Ia mengklaim kalau pajak yang dibayarkan sudah mengikuti prosedur yang berlaku dan dibagi sesuai prosedur yang seharusnya. Mark mengatakan setiap negara akan selalu merasa kalau pajak yang mereka dapatkan tidak cukup, karena yang membayar adalah Facebook.

via Cbsnews.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Bos Facebook Jadi Orang Terkaya Keenam di Dunia