Beranda Berita

Berkunjung ke PT. ARM, Pabrik Perakitan Ponsel Infinix di Indonesia

652
0

Selasa kemarin (20/3), Infinix Mobility, produsen ponsel asal Hong Kong mengajak rekan-rekan media termasuk @GadgetGaul untuk berkunjung ke salah satu pabrik perakitan ponsel mereka di Cikarang, Jawa Barat. Tak hanya dengan PT. Satnusa Persada Tbk. yang berlokasi di Batam, Infinix menambah rekanan untuk memproduksi ponsel unggulan mereka.

Infinix secara resmi menjalin kemitraan dengan PT. Adi Reka Mandiri (ARM) sebagai vendor kedua untuk merakit Infinix Hot S3 X573, ponsel unggulan terbaru Infinix yang saat ini sedang dijual melalui metode flash sale yang diadakan setiap hari Jumat pukul 11.00 WIB di e-commerce Lazada. Kemitraan ini dibuat untuk memenuhi aturan TKDN yang telah ditetapkan pemerintah mengenai kandungan komponen lokal untuk produk ponsel 4G sebanyak 30 persen, sekaligus sebagai perwujudan komitmen Infinix untuk bersaing dengan produsen ponsel lainnya di Indonesia.

infinix_arm_10

Lokasi pabrik PT. ARM yang berada di Cikarang dinilai strategis, dan dapat mempercepat proses pengiriman dan re-stocking produk ke Jakarta untuk memenuhi kebutuhan penjualan seperti flash sale yang sedang diadakan setiap minggu. Setiap bulannya, PT. ARM sanggup memproduksi lebih dari 500 ribu ponsel, memanfaatkan 8 lini yang dimilikinya. Infinix sendiri hanya menggunakan satu lini untuk produksi Infinix Hot S3, dan tiap harinya mampu produksi hingga 700 unit. Ada sekitar 40 orang karyawan yang bekerja dalam satu lini produksi.

infinix_arm_3

Kami langsung diajak untuk melihat langsung bagaimana proses produksi Infinix Hot S3 X573. Ada banyak tahap yang harus dilalui, mulai dari perakitan mainboard, pemasangan mainboard dengan bagian lainnya seperti baterai dan back cover, berbagai proses uji seperti audio test, vibration test, microphone test dan uji lainnya.

infinix_arm_4

Kata Indrawan, R&D Manager PT. ARM, kadar lokal untuk memenuhi nilai TKDN di Infinix Hot S3 terletak pada penggunaan kabel data, earphone, kabel USB, label dan kemasan kotak ponsel. Di sisi software, tiap unit Infinix Hot S3 akan memiliki tiga aplikasi buatan developer lokal; Catfiz, PicMix dan Yogrt, serta toko aplikasi IN Store. PT. ARM sendiri telah bekerja sama dengan berbagai macam brand lainnya seperti LG, BlackBerry, Smartfren dan Nubia, serta memiliki standar tinggi untuk uji pengetesan ponsel seperti uji sertifikasi IP68 untuk ketahanan air pada ponsel.

Topik Hot Lainnya:   Infinix Hot S3 Diluncurkan di India, Usung Baterai 4000 mAh & Kamera Depan 20MP

infinix_arm_6

Setelah sukses melewati beberapa tahap uji, IMEI dan serial number akan dibuat dan diberi label pada belakang bodi ponsel, dan kemudian dipasang pelengkap lain seperti plastik proteksi layar. Jika sudah, ponsel akan dimasukkan ke dalam boks dengan aksesoris pelengkap lain seperti kabel data dan soft cover, baru kemudian dilakukan pemasangan plastik segel.

infinix_arm_7

Belum selesai sampai di situ, seluruh ponsel akan dilanjutkan melalui proses uji lanjutan dalam laboratorium OQA (Outgoing Quality Assurance). Awalnya kami mengira hanya sebagian persen dari ratusan unit saja yang perlu dilakukan uji pengetesan lanjutan. “Ya, memang untuk beberapa brand lain hanya meminta kami untuk menguji produknya sebagian saja, semisal, dari 500 ponsel yang diproduksi, yang diuji lebih lanjut hanya 100 ponsel saja. Namun Infinix sendiri meminta kami untuk menguji lebih lanjut semua ponselnya, tak hanya sebagian,” jelas Indrawan saat kami tanyakan perihal tersebut.

infinix_arm_8

Dalam laboratorium OCA tersebut, Infinix Hot S3 akan melewati berbagai uji lanjutan seperti uji guncangan menggunakan mesin selama satu jam, diisi daya terus menerus selama tujuh jam sembari menjalankan berbagai macam aplikasi, serta uji suhu hingga 98 jam. Tiap ponsel juga diuji fitur-fiturnya, seperti hasil foto kamera depan dan belakang, rekam video, hingga pengecekan LCD untuk mengetahui adanya cacat seperti dead pixel dan sebagainya.

Dengan segala proses uji tersebut, diharapkan seluruh unit Infinix Hot S3 yang keluar dari pabrik akan sampai kepada konsumen dalam kondisi terbaik. Bagi Gadgeteers yang dalam waktu dengan ingin membeli Infinix Hot S3, jangan lupa untuk terus pantauĀ flash saleĀ dari Infinix Indonesia di Lazada setiap hari Jumat pukul 11:00 WIB ya.

Topik Hot Lainnya:   Smartphone Kamera Selfie Ganda, Infinix S2 Pro Resmi Diluncurkan

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + one =