Beranda Biografi

Biografi Adam Osborne, Sang Penemu Laptop

464
0

Selain smartphone, mungkin teknologi yang banyak dibutuhkan oleh manusia modern adalah laptop. Komputer yang dibuat dengan lebih compact sehingga bisa dibawa-bawa ini berawal dari sebuah pemikiran sederhana oleh seorang Adam Osborne.

Adam Osborne adalah pria keturunan Inggris yang lahir di Thailand pada 6 Maret 1939. Meski lahir di negeri gajah, Osborne menjalani masa kecilnya di Tamil Nadu, India Selatan, dan pindah ke Inggris saat berusia 11 tahun untuk menjalani masa pendidikannya hingga lulus dari Universitas Birmingham pada tahun 1961. Ia melanjutkan studinya di Amerika dan mendapatkan gelar PhD dari Universitas Delaware, lalu memulai karirnya di perusahaan pertambangan minyak Shell Oil.

Seperti kisah para tokoh yang telah dibahas oleh @GadgetGaul sebelumnya, Osborne tidak dapat bertahan lama dalam menjalani kehidupannya sebagai karyawan karena merasa tidak betah. Ia merasa kalau dirinya lebih menikmati kegiatan menulis buku panduan yang berhubungan dengan komputer. Akhirnya Osborne mengundurkan diri dari Shell Oil dan bergabung dengan Intel untuk menulis buku panduan bagi mikroprosesor mereka.

17004

Setelah memiliki pengalaman yang cukup matang, Osborne mendirikan Osborne and Associates pada 1972. Perusahaan tersebut bergerak di bidang penulisan buku manual komputer yang mudah dibaca bagi penggemar komputer. Tidak berhenti di situ, Osborne juga mendirikan perusahaan penerbitan Osborne Books karena merasakan sulitnya mencari perusahaan luar yang mau menerbitkan tulisan mereka. Osborne Books berhasil menerbitkan lebih dari 40 judul buku dalam waktu 5 tahun.

Pada masa seperti inilah, Osborne mulai berani untuk menuliskan ide yang muncul di pikirannya, yakni sebuah komputer yang mobile (dapat dibawa-bawa), karena ia yakin kalau sebuah komputer di masa mendatang akan semakin dibutuhkan orang. Osborne pun mengalihkan perhatiannya pada proyek ini dan menjual perusahaan penerbitannya pada McGraw-Hill.

Topik Hot Lainnya:   Kisah Perjalanan dan Biografi Pendiri Nintendo, Fujasiro Yamauchi

Di dalam acara “West Coast Computer Faire” pada Maret 1980, Osborne bertemu dengan Lee Felsentein, seorang ahli desain papan sirkuit untuk teknologi prosesor. Felsentenin juga memiliki perusahaan yang memproduksi perangkat keras, sehingga mereka berdua dapat saling melengkapi. Pada akhirnya, mereka berhasil menciptakan laptop pertama yang dinamakan Osborne 1 yang memiliki spesifikasi lebih rendah dari smartphone Gadgeteers saat ini. Osborne 1 memiliki berat 24 pound, tampilan 52 kolom dalam layar 5 inci, tabung pelindung, dan 2 disk drive. Osborne 1 dipamerkan dalam “West Coast Computer Faire” pada April 1981 dan meraih angka penjualan yang mencengangkan dengan penjualan puncak sekitar 10.000 unit per bulan dengan harga $1.795 per unit.

17002

Sayangnya, perusahaan yang dimiliki Osborne, Osborne Computer Corporation, mengalami kebangkrutan pada September 1983 karena penjualan penerus Osborne 1 tidak sesuai harapan. Osborne kembali mencoba peruntungannya dengan menjual sebuah software murah untuk menyaingi software mahal yang sudah beredar, namun terganjal oleh pelanggaran hak paten. Meski tidak dapat hidup dengan penuh kemakmuran di akhir hayatnya, tetap saja nama dari Adam Osborne patut dikenang karena pemikirannya yang mampu merubah dunia teknologi. Adam Osborne menutup usia pada 18 Maret 2003, umur 64, karena kelainan pada otak yang menyebabkan stroke, di Kodaikanal, india.

via Wikipedia.org dan Biografiku.com

diedit oleh WN