Gadgeteers sudah menonton film Sundul Gan: The Story of Kaskus? Seperti yang sudah bisa ditebak dari namanya, film ini mengisahkan proses berdirinya salah satu situs komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus.

Di rubrik biografi kali ini, @GadgetGaul akan membahas kisah hidup dari sang founder, Andrew Darwis.

merdeka.com

merdeka.com

Andrew lahir pada 20 Juli 1979 di Jakarta dan menghabiskan masa pendidikannya di ibukota. Ia memulai pendidikannya di SD Tarakanita Pluit, dan berlanjut ke SMP Tarakanita Pluit, SMA Gandhi National School, serta mengambil jurusan Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara pada tahun 1998. Ternyata pendidikan yang didapatkan Andrew saat itu tidak membuatnya puas dan ia memutuskan untuk melanjutkan studinya ke Art Institute of Seattle di Amerika untuk mempelajari bidang Mulitmedia & Web Design hingga tahun 2003.

Setelah itu, ia melanjutkan studinya ke jenjang master di universitas yang sama dan mendapatkan gelar Master of Computer Science pada tahun 2006. Walaupun ia baru menuntaskan semua studinya pada tahun 2006, Andrew telah mulai merintis Kaskus sejak awal ia pindah ke Amerika. Idenya berawal dari tugas yang diberikan oleh dosen untuk membuat sebuah program dari free software.

www.freelogovectors.net

freelogovectors.net

Bermodalkan U$3 atau sekitar Rp40 ribu, Andrew membeli server dan membuat sebuah forum online untuk memuaskan kerinduan bagi masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri agar mereka bisa berkumpul dan membicarakan topik apapun. Tujuan ini juga menjadi insiprasi dari nama Kaskus, yang merupakan singkatan dari kasak kusuk alias bergosip.

Kendala terberat yang dialami Andrew pada awal pembentukan Kaskus adalah semua sistem yang harus ditangani sendiri, karena saat itu ia belum memiliki karyawan. Masa-masa sulit juga dialaminya ketika ia pindah ke Jakarta dan harus memperkenalkan Kaskus pada pelanggan dan advertiser mengenai citra Kaskus yang saat itu masih identik dengan forum dewasa di mata masyarakat umum.

Berkat usaha Andrew dan timnya yang terus bergerilya dari pintu ke pintu untuk memperkenalkan Kaskus, situs tersebut sudah banyak dipercaya oleh klien-klien besar hanya dalam waktu 1 tahun. Saat ini Kaskus resmi menjadi perusahaan profesional di bawah naungan PT. Darta Media Indonesia dan memiliki lebih dari 8 juta anggota.

kaskus.co.id

kaskus.co.id

Berbagai penghargaan juga diterima Andrew atas prestasinya ini, di antaranya The Best Indonesian Communities dor 2005 and 2006 versi Alexa.com dan Wikipedia, Indonesia Top Website dari Microsoft pada tahun 2008, Online Inspiring Award dari Indosat pada tahun 2009, dan The Big Place Market oleh Presiden RI. Saat ini Andrew menjabat sebagai Chief Technology Officer dan terus berusaha mengembangkan situs yang sudah berumur lebih dari 15 tahun tersebut.

Jika Gadgeteers tertarik untuk melihat perjuangan Andrew di layar lebar, berikut trailer dari film Sundul Gan: The Story of Kaskus yang bisa membuat Gadgeteers semakin penasaran.

via Wikipedia.org dan Biografiku.com

WN