Beranda Biografi

Biografi Bill Gates, Pendiri Microsoft

23
0

Kalau Gadgeteers menggunakan komputer yang berbasis Windows, Gadgeteers harus berterima kasih pada Bill Gates, orang yang menciptakannya. Salah satu orang terkaya di dunia ini dulunya memiliki ambisi untuk membuat setiap rumah memiliki sebuah komputer.

Pada saat itu, mungkin komputer adalah barang mewah dan sulit untuk dioperasikan. Tapi dengan adanya Windows, komputer menjadi lebih ramah bagi kalangan umum. Bagaimana sebenarnya biografi Bill Gates si pendiri Microsoft?

William Henry Gates lahir pada 28 Oktober di Seattle, Washington. Gates sudah tertarik dengan teknologi komputer saat ia masih berusia 13 tahun. Saat sekolahnya menghadirkan sebuah komputer, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya.

pandji.com
pandji.com

Kehebatan Gates di dalam hal komputerisasi sudah terlihat saat dia bisa memasukkan bahasa pemrograman yang tepat sehingga komputer tersebut bisa berjalan dengan benar. Bahkan, Gates bersama Paul Allen (orang yang nantinya mendirikan Microsoft bersama Gates) dan teman lainnya pernah mengeskploitasi sebuah bug yang ada di sistem komputer untuk mendapat waktu lebih dalam menggunakan komputer (saat itu penggunaan komputer masih dibatasi).

Mungkin Gadgeteers sering mendengar kalau Bill Gates adalah salah satu mahasiswa drop out yang bisa sukses. Cerita itu bisa terjadi karena Bill Gates sangat berfokus pada komputer yang dimiliki universitasnya, Harvard, sehingga program perkuliahannya pun menjadi berantakan.

twitter.com
twitter.com

Ketika mendapat waktu yang pas, Gates akhirnya memutuskan untuk drop out dari Harvard karena dia dan Paul Allen melihat sebuah kesempatan untuk mendirikan sebuah perusahaan. Dan uniknya, orang tua Gates mendukung keputusan anaknya untuk drop out dari salah satu universitas ternama di dunia itu, mereka juga sangat mendukung Gates untuk mendirikan sebuah perusahaan. Akhirnya, Bill Gates dan Paul Allen mendirikan Microsoft pada 1976 dan sisanya adalah sejarah.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Leonard Kleinrock, Tokoh Penemu Internet

Microsoft meluncurkan versi ritel pertama Windows mereka pada 20 November 1985, dan Windows 95 pada tahun 1995 yang nantinya akan menjadi standar bagi sebuah sistem operasi di masa mendatang seperti Windows XP, Vista, Windows 7, sampai ke Windows 10 yang belum lama diluncurkan ini. Berkat inovasinya yang mengubah wajah dunia ini, Bill Gates menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya sejak tahun 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 karena waktu itu dia berada di peringkat 3.

Reddit.com
Reddit.com

Gates meletakkan posisi CEO-nya di Microsoft pada tahun 2000 walaupun dia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. Pada tahun itu juga, Bill Gates mendirikan sebuah badan amal bernama Bill & Melinda Gates Foundation bersama istrinya Melinda French. Bill & Melinda Gates Foundation menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal lainnya dan program penelitian ilmiah. Itu dia biografi Bill Gates pendiri Microsoft, semoga menjadi inspirasi untuk Gadgeteers di akhir pekan ini.

via Profil.merdeka.com dan Wikipedia.org
diedit oleh WN