Beranda Biografi

Biografi Jeff Bezos, Pendiri dan CEO Amazon.com

30
0

Di rubrik biografi sebelumnya, kita sudah mengetahui kisah hidup seorang Jack Ma, pendiri dan pemilik dari Alibaba Group, raksasa e-commerce di Tiongkok. Jika ada perusahaan e-commerce yang memiliki reputasi setingkat atau lebih tinggi dari Alibaba, maka itu adalah Amazon, yang didirikan oleh seorang pria bernama Jeff Bezos. Bagaimana kisah hidupnya?

Pria bernama asli Jeffery Preston Jorgensen ini lahir di Albuqureque, New Mexico, Amerika Serikat pada 12 Januari 1964. Ia merupakan keturunan dari penduduk asli di Texas yang mempunyai lahan seluas 25.000 hektar, dan pada 2015, Bezos adalah pemilik lahan terbesar di Texas. Ia mendapatkan nama Bezos ketika ibunya kembali menikah dengan seorang pria Kuba yang pindah ke Amerika Serikat ketika Jeff masih berumur 4 tahun. Masa kecil Jeff dilalui layaknya seorang anak Texas pada umumnya. Di musim panas ia membantu kakeknya mengurus peternakan seperti memvaksinasi sapi, dan memperbaiki kincir angin.

officechai.com
officechai.com

Barulah di tingkat universitas, kecintaan Jeff pada bidang komputer mulai terlihat. Ia pun memilih untuk berpindah dari bidang sains ke jurusan komputer dan lulus dengan kehormatan summa cum laude di Universitas Princeton. Ia memulai karirnya dengan bekerja di Wall Street dalam bidang komputer, lalu bertugas membangun jaringan perdagangan internasional untuk sebuah perusahaan yang bernama Fitel. Ia sempat menekuni beberapa pekerjaan lainnya sebelum mendirikan Amazon.com di tahun 1994. Ternyata, rencana bisnis yang ia buat untuk Amazon dibuat dalam waktu yang singkat, yakni ketika ia sedang dalam perjalanan dari New York menuju Seattle menggunakan mobil.

Pada awalnya, Jeff menjalankan Amazon sebagai toko buku online dari garasi rumahnya di Seattle. Sebelumnya ia telah melakukan riset dengan membuat daftar 20 perusahaan mail order teratas dan mengamati bahwa tidak ada penerbit buku di dalamnya. Jeff yang melihat hal ini dan menyadari adanya peluang besar dengan memanfaatkan teknologi internet, langsung melakukan lobi-lobi dengan beberapa penjual buku. Berkat usahanya itu, Amazon.com mulai diuji coba pada Juni 1999 dan berkembang hingga bisa merambah 45 negara. Saat ini, Amazon.com tidak hanya melayani penjualan buku saja, melainkan segala jenis barang yang memungkinkan untuk dijual.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Steve Jobs, Inovator yang Mengubah Wajah Dunia Teknologi
hollywoodreporter.com
hollywoodreporter.com

Kesuksesan Jeff Bezos tidak bisa lepas dari investasi awal orang tuanya yang memberikan tabungan pensiun mereka sebanyak $300 ribu pada Jeff. Namun, melihat naluri Jeff dalam berbisnis, orang tuanya menjadi yakin dan hal itu terbukti dari nilai kekayaan Jeff saat ini yang mencapai $59.5 miliar (sekitar Rp802 triliun). Etos kerja Jeff yang perfeksionis juga menjadi dapat menjadi panutan bagi orang di bawahnya untuk memperhatikan detail-detail kecil, seperti perhatian penuh tentang bagaimana perkataannya dikutip di dalam pengumuman yang dikeluarkan Amazon.

Meski demikian, sempat beredar kabar miring mengenai dirinya karena New York Times pernah menerbitkan sebuah artikel yang menyebutkan betapa “tidak manusiawi”nya pengalaman saat bekerja untuk Amazon.com. Saat ini Jeff tinggal bersama istrinya, MacKenzie bezos, dan mempunyai satu anak perempuan dan tiga anak laki-laki.

via Wikipedia.org

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =