Beranda Biografi

Biografi Ken Kutaragi, Penemu PlayStation

10
0

Playstation. Mendengar nama konsol game dari Sony yang satu ini mungkin akan membawa Gadgeteers ke masa lalu ketika sebuah kotak kecil ini mengisi hari-hari Gadgeteers dengan permainannya yang teramat banyak dan menarik. Meskipun ada konsol lain seperti Nintendo Wii U dan Xbox One, Playstation masih dikenal sebagai konsol terbaik saat ini. Apalagi, masih belum ada yang bisa mengalahkan Playstation 2 dalam jumlah penjualan sepanjang masa di angka 155 juta buah.

Ialah Ken Kutaragi, sosok yang dikenal sebagai Bapak PlayStation dan beberapa suksesor mereka seperti PlayStation 2, PlayStation Portable, dan PlayStation 3.

06003

Ken Kutaragi lahir di Jepang pada 2 Agustus 1950 di keluarga yang memiliki kemampuan ekonomi standar. Pada masa kecilnya, Kutaragi didukung oleh orangtuanya untuk mendalami ilmu teknik karena mereka memiliki bisnis percetakan kecil di kota itu. Di sekolah, Kutaragi juga dikenal sebagai murid yang selalu mendapatkan nilai A. Minat Kutaragi pada ilmu yang berhubungan dengan elektronik membuat ia memutuskan untuk berkuliah di Denki Tsushin University, tempat dimana ia mendapatkan gelar di bidang elektronika.

Tidak lama setelah lulus, Kutaragi langsung bekerja untuk Sony di bagian penelitian digitalnya. Ia dikenal dengan cepat sebagai pemecah masalah yang hebat dan berpikiran ke depan. Kutaragi mendapatkan reputasi tersebut bisa melalui beberapa proyek dengan sukses, seperti proyek awal teknologi LCD dan kamera digital.

Di akhir tahun 1980an, Kutaragi melihat anak perempuannya yang sedang memainkan Famicom (konsol game dari Nintendo), dan melihat peluang yang sangat besar dari video game. Sayangnya, petinggi dari Sony tidak tertarik dengan dunia video game, karena saat itu video game tidak memiliki reputasi yang tinggi seperti saat ini. Namun, ketika Nintendo sedang membutuhkan sound chip untuk sistem terbaru mereka, Kutaragi segera mengambil proyek itu dan membuat sebuah chip bernama SPC700 tanpa diketahui petinggi Sony.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Tokoh di Balik Kesuksesan Intel, Robert Noyce

Petinggi Sony marah besar ketika mengetahui tindakan Kutaragi dan ia hanya bisa lolos setelah CEO Sony, Norio Ohga, membantunya untuk menyelesaikan proyek tersebut dan menghidarkan Kutaragi dari pemecatan. Setelah proyek ini selesai, Kutaragi membujuk petinggi Sony untuk memberikan alokasi dana dengan tujuan pengembangan suatu konsol game buatan mereka yang akan disebut dengan Play Station. Walaupun sedikit ditentang oleh petinggi Sony, sekali lagi rencana Kutaragi dapat berjalan karena dukungan dari Norio Ohga. Beberapa tahun berikutnya, Sony merilis PlayStation dan sisanya adalah sejarah. Kesuksesan PlayStation generasi pertama menjadi pelicin jalan Kutaragi untuk mengembangkan konsol generasi selanjutnya seperti PlayStation 2 dan suksesornya, PlayStation 3.

TT3_0471

Sampai saat ini, divisi PlayStation menjadi senjata andalan Sony untuk mendapatkan keuntungan, karena di divisi yang lain seperti divisi smartphone dan sensor kamera, Sony terus mengalami kerugian. Atas jasanya, Ken Kutaragi diangkat menjadi presiden Sony Computer Entertainment pada 1997 sampai tahun 2006. Saat ini, Kutaragi adalah menduduki posisi presiden dan CEO dari Cyber AI Entertainment.

Via wikipedia.org
Diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + five =