Beranda Biografi

Biografi Leonard Kleinrock, Tokoh Penemu Internet

178
0

Internet adalah salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang untuk bisa beraktivitas, baik untuk pekerjaan maupun sekedar hiburan. Tulisan yang sekarang Gadgeteers baca ini juga bisa disampaikan karena adanya internet yang seolah sudah menjadi bagian dari hidup kita. Tetapi, apakah Gadgeteers tahu siapakah penemu internet? Dialah Leonard Kleinrock, yang kisah hidupnya akan diulas secara singkat di sini.

Leonard Kleinrock dilahirkan pada tanggal 13 Juni 1934 di New York, Amerika Serikat. Kejeniusan Leonard sudah mulai terlihat di masa dia masih menjalani masa pendidikan, karena dia terkenal sebagai salah satu pelajar yang menonjol. Leonard menyelesaikan sekolah menegah atasnya di Bronx High School of Science dan kemudian melanjutkan ke masa perkuliahan dengan mengambil jurusan ilmu komputer di City College of New York.

Berbeda dengan Steve Jobs dan Bill Gates yang tidak sempat menamatkan kuliahnya, Leonard menjalankan program sarjananya dengan sangat baik dan menjadi salah satu mahasiswa terbaik untuk angkatan 1957. Leonard tidak berhenti di situ, dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di MIT (Massachusetts Institute of Technology), sebuah institut teknologi paling ternama di dunia. Pada 1963, Leonard yang saat ini berusia 81 tahun, resmi menyelesaikan pendidikannya dan masuk ke dunia kerja sebagai pengajar di Universitas California Los Angeles (UCLA), tempat di mana internet akan ditemukan.

Sebenarnya, penelitian yang berhubungan dengan konsep dasar internet sudah dilakukan Leonard pada masa kuliah dalam bentuk makalah tentang ilmu jaringan komputer. Dalam makalah itu, ia memaparkan tentang kemungkinan adanya pertukaran paket data dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer yang lain melalui sebuah jaringan yang bersifat global.

Terdengar familiar? Itulah konsep dasar dari internet. Di UCLA, Leonard mendapatkan kesempatan yang lebih terbuka untuk mengembangkan konsep tersebut dalam proyek yang disebut dengan Arpanet. Dan pada tanggal 29 Oktober 1969 pukul 10.30, konsep tersebut berhasil diwujudkan secara nyata.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Jack Ma, Penguasa Bisnis E-commerce Tiongkok

Bersama dengan salah satu mahasiswa bimbingannya, Charley Kline, Leonard berhasil melakukan transmisi dari UCLA ke Standford Research Institute. Lewat tangan Kline, kata pertama yang ditransmisikan adalah “login”, tetapi karena sistem jaringannya mengalami crash, maka kata yang terkirim hanyalah “lo”, sehingga menjadikan “lo” sebagai kata pertama yang ada di internet.

Pencapaian ini mendapat tanggapan yang luar biasa dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA) yang akhirnya ikut mengembangkan teknologi ini sehingga bisa kita gunakan sekarang. Untuk hasil kerja kerasnya yang mengubah dunia ini, Leonard Kleinrock mendapatkan beberapa penghargaan besar seperti National off Science, penghargaan terbesar untuk bidang sains di Amerika pada tahun 2007.

via wikipedia.org
diedit oleh WN