Marissa Ann Mayer, atau yang lebih dikenal dengan Marissa Mayer, lahir pada tanggal 30 Mei 1975 di Wausau, Wisconsin dari pasangan Margaret Mayer dan Michael Mayer. Di masa kecilnya, Mayer dikenal sebagai anak perempuan yang sangat pemalu walaupun ia adalah seorang Brownie, “pramuka”nya Amerika untuk anak perempuan umur 7-10 tahun. Setelah mengikuti kegiatan balet yang mengajarkan sifat kritis, disiplin, tenang, dan percaya diri semasa ia remaja, barulah sifat pemalunya hilang.

Semasa SMA, Mayer dikenal aktif dan mengikuti banyak kegiatan ekstrakulikuler dan menduduki jabatan penting di dalamnya, seperti presiden dari klub Bahasa Spanyol, bendahara Key Club, dan kapten tim debat, yang menjuarai kompetisi antar wilayah. Setelah lulus dari sekolahnya, Mayer dipilih oleh Gubernur Wisconsin sebagai salah satu dari dua wakil wilayahnya untuk acara National Youth Science Camp.

msnbc.com

msnbc.com

Pada awalnya, Mayer mengambil jurusan kedokteran di Stanford University kerena bertujuan untuk menjadi dokter operasi saraf. Namun, ia mengurungkan niat tersebut dan pindah ke jurusan symbolic system yang memberikan gelar Bachelor of Science pada 1997 dan Master of Science pada 1999. Ia membuat sebuah perangkat rekomendasi perjalanan yang dapat mengeluarkan suara layaknya manusia normal sebagai tesis untuk mendapatkan gelar tersebut.

Setelah lulus, Mayer langsung mendapatkan 14 tawaran pekerjaan dari berbagai tempat, seperti menjadi pengajar di Carnegie Mellon University dan pekerjaan sebagai konsultan di McKinsey & Company. Mayer akhirnya memilih bergabung dengan Google pada tahun 1999, dimana ia menjadi insinyur perempuan pertama di perusahaan tersebut.

Ketelitiannya dalam pekerjaan membawa Mayer promosi sebagai product manager, dan selanjutnya menjadi Director of Consumer Web Products. Di posisi ini, tokoh yang sekarang berusia 40 tahun ini mengkritik desain dari halaman depan Google yang tidak terlihat menarik dan segera mengubahnya. Bisa dibilang, tampilan halaman Google yang saat ini terlihat sederhana adalah karya Mayer yang ikonik.

richestcelebrities.org

richestcelebrities.org

Pada tahun 2005, Mayer sudah menduduki Vice President of Search Products dan User Experience, dimana ia menjadi sosok kunci dalam pengembangan dan peluncuran Google Search, Google Images, Google Maps, Google Book, Google News, dan Gmail yang saat ini menjadi layanan email andalan Google.

Dengan berbagai pencapaian tersebut, tidak heran jika Mayer didaulat menjadi President dan CEO dari Yahoo! pada 16 Juli 2012 dan menjadi CEO termuda untuk perusahaan Fortune 500. Tentunya patut ditunggu, apakah sosok Marissa Mayer dapat menghidupkan kembali kejayaan Yahoo! beberapa tahun lalu sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa, atau malah semakin terpuruk.

via Wikipedia.org

diedit oleh WN