Beranda Biografi

Biografi Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook

10
0

Siapa sih yang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg? Di usianya yang masih muda, ia sudah masuk ke jajaran manusia terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai $46 miliar, atau setara dengan Rp644 triliun berkat situs media sosial terpopuler saat ini, Facebook.

Tidak berhenti di situ, saat ini Facebook juga menjadi pemiliki dari perusahaan besar lain seperti Instagram, WhatsApp, dan Oculus. Bagaimana kisah hidup seorang Mark Zuckerberg sampai ia bisa mendapatkan pencapaian super seperti itu?

www.forbes.com
www.forbes.com

Pria yang bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Ia adalah anak dari pasangan Edward Zuckerberg dan Karen Kempner dan memiliki tiga saudara perempuan. Kejeniusan Mark mulai terlihat saat ia menempuh pendidikan kelas menegah dan mendapatkan pernghargaan di bidang sains. Saat mendaftarkan diri di Universitas Harvard, Mark mengaku jika ia dapat berbicara dan menulis Bahasa Prancis, Hebrew, Latin, dan Yunani kuno.

Bagi Gadgeteers yang pernah menonton The Social Network, film menceritakan kisah hidup Mark semasa kuliah sampai sukses membangun Facebook, mungkin tidak tahu kalau kemampuannya untuk membuat software telah diasah sejak dini. Bahkan Mark sempat memiliki seorang guru privat yang juga kagum melihat perkembangannya yang begitu cepat.

www.biography.com
www.biography.com

Ia sempat membuat beberapa program sebelum menamatkan sekolah, seperti pemutar musik bernama Synapse Media Player, game yang dirancang bersama temannya yang pandai menggambar, dan sebuah sistem yang menghubungkan komputer di rumahnya dengan komputer di tempat praktek ayahnya yang bekerja sebagai dokter gigi. Tidak seperti kutu buku pada umumnya, salah satu hal unik dari Mark adalah kebolehannya di dalam bidang olahraga, bahkan ia sempat menjadi kapten klub anggar semasa SMA.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Martin Cooper, Bapak Penemu Telepon Genggam

Kebolehan Mark berlanjut ke masa kuliahnya. Di tahun keduanya sebagai mahasiswa, ia telah membuat sebuah program bernama CourseMatch, yang memperbolehkan para penggunanya menentukan kelas berdasarkan pilihan-pilihan yang telah dibuat pengguna lain. Hal lain yang dibuat Mark adalah Facemash, website yang memperbolehkan para penggunanya dapat menilai penampilan muka seseorang berdasarkan foto mahasiswa Harvard yang terpampang disana.

Facemash mendapatkan peringatan dari universitas karena berisi konten yang tidak etis. Bukannya kapok, Mark malah membuat website selanjutnya yang diberi nama TheFacebook.com, tempat bagi mahasiswa Harvard untuk bertemu secara di dunia maya. Facebook menjadi sangat sukses dan Mark memutuskan untuk keluar dari Harvard demi mengembangkan website buatannya ini. Melihat kekayaannya saat ini, tentu saja keputusan Mark saat itu sudah sangat tepat.

Pada 19 Mei 2012, Mark menikahi Priscilla Chan yang telah dikenalnya sejak masa-masa awal di Harvard. Mark memiliki seorang anak perempuan yang diberi nama Maxima Chan Zuckerberg yang lahir pada akhir tahun 2015 kemarin. Momen kelahiran anaknya ini juga menjadi hal yang cukup bersejarah bagi Facebook karena Mark akan menyumbangkan 99% dari saham mereka di Facebook untuk keperluan amal.

latimes.com
latimes.com

via Wikipedia.org

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − three =