Gadgeteers pasti pernah mencari informasi melalui Google. Kemungkinan besar, situs yang menduduki peringkat paling atas dalam hasil pencarian tersebut adalah Wikipedia. Situs ensiklopedia non-profit ini memang menyimpan banyak sekali informasi tentang semua hal, mulai dari serba-serbi bunga tulip, hingga penjelasan mendetail soal teori nuklir.

Nah, kali ini, @GadgetGaul akan membahas kisah hidup dari pendiri Wikipedia, yakni Jimmy Wales.

Littlebitback.com

Littlebitback.com

Jimmy Donal “Jimbo” Wales lahir berdekatan dengan waktu tengah malam pada 7 Agustus 2996 di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Di akta kelahirannya, tertulis jika Wales lahir pada tanggal 8. Sejak anak-anak, Wales terkenal gemar membaca dan rasa ingin tahunya yang kuat. Ia bahkan menghabiskan waktu di sekolah dasarnya untuk membaca World Book Encyclopedias , ensiklopedia dunia yang berbentuk buku tebal.

Wales mengenang sistem edukasi yang ia jalani sebagai sistem yang mahal untuk keluarganya, namun tetap menyatakan jika edukasi selalu menjadi passion keluarga. Kehidupan perkuliahan Wales dilalui tanpa cerita yang unik seperti kebanyakan tokoh lain yang pernah dibahas oleh @GadgetGaul. Ia mendapatkan gelar Sarjana Keuangan dari Universitas Auburn pada 1986, dan memperoleh gelar master dalam bidang Keuangan di Universitas Alabama. Jenjang pendidikan terakhirnya adalah mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana.

digitalspy.com

digitalspy.com

Pada tahun 1994, Wales bekerja di Chicago Options Associates, sebuah perusahaan perdagangan di Chicago, Illinois. Wales memutuskan untuk mengambil pekerjaan di bidang ini karena ia telah jatuh cinta pada internet, dan ia pun menulis beberapa kode pemrograman untuk mengisi waktu luangnya. Kegemarannya pada internet semakin meningkat ketika ia melihat kesuksesan Netscape pada 1995 yang sahamnya ludes pada hari penjualan pertama. Sejak saat itu, Wales memutuskan untuk berkarir sebagai Internet Entrepreneur.

Wales memulai perjuangannya dengan mendirikan Bomis, sebuah search engine yang ditujukan pada pria dewasa, karena hasil pencariannya akan menampilkan foto-foto erotis seperti yang bisa ditemukan dalam majalah Maxim. Nyatanya, ide berani dari Wales tidak bisa dikatakan berhasil, namun dapat menyediakan modal untuk proyek yang sejak awal ingin dibuat oleh Wales, yakni ensiklopedia online.

wordsontheinternet.com

wordsontheinternet.com

Produk pertama dari ambisi itu adalah Nupedia, sebuah ensiklopedia yang isinya bisa ditulis oleh siapa saja, namun harus melalui proses review dari banyak orang sebelum boleh diterbitkan. Sistem ini membuat banyak orang menjadi takut untuk menyumbang tulisan mereka, dan memberikan resiko yang besar bagi kelangsungan Nupedia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Wales memutuskan untuk mengadopsi sistem wiki yang memperbolehkan siapapun untuk menyunting tulisan di dalamnya. Pada awalnya ia memiliki kekhawatiran akan kredibilitas dari informasi yang disampaikan, tapi nyatanya, komunitas penulis yang ada di Wikipedia tetap sungguh-sungguh dalam memberikan kontribusi pada situs non-profit ini hingga sekarang.

via Wikipedia.org dan Biography.com
diedit oleh WN