Beranda Biografi

Biografi Satya Nadella, CEO Microsoft yang Berasal dari Asia

66
0

Mungkin sebagian dari Gadgeteers menyangka jika Microsoft masih dipimpin oleh Bill Gates. Wajar saja, selain dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia, nama Gates juga kondang sebagai pencipta sistem operasi Windows yang sampai saat ini masih digunakan oleh mayoritas komputer di seluruh dunia. Tapi tahukah Gadgeteers, jika saat ini Microsoft dipimpin oleh seorang pria dari India bernama Satya Nadella? Siapa dia? Bagaimana kisah hidupnya hingga ia bisa menggapai posisi puncak dari sebuah perusahaan sebesar Microsoft?

Satya Nadella

Satya Narayana Nadella lahir pada tanggal 19 Agustus 1967 di Hyderabad, India. Nadella menjalani masa kecil seperti mayoritas anak-anak di lingkungannya dan belajar di sekolah umum Hyderabad. Uniknya, Nadella tidak mengambil pendidikan ilmu komputer kala memasuki masa kuliah di Institut Teknologi Manipal, melainkan ilmu teknik elektronika. Nadella baru mengambil program master di ilmu komputer saat ia pergi ke Amerika untuk melanjutkan studinya di Universitas Wisconsin dan lulus pada tahun 1990. Selanjutnya ia mendapat gelar MBA Bisnis dari Universitas Chicago Booth.

Sebelum bergabung dengan Microsoft, Nadella mengawali karirnya sebagai staf teknologi di Sun Microsystems dan ia baru meniti karir di perusahaan pimpinannya sekarang sejak tahun 1992, alias 24 tahun yang lalu. Nadella dengan cepat dikenal sebagai pemimpin yang dapat mengembangkan teknologi dan bisnis untuk melakukan transformasi pada beberapa produk andalan Microsoft seperti sistem cloud computing yang mendukung produk-produk seperti Bing, Xbox, dan Microsoft Office.

Sebelum menjabat sebagai CEO, Nadella diberikan tanggung jawab sebagai Executive Vice President Microsoft Cloud dan Enterprise Group, salah satu perusahaan yang tumbuh paling cepat serta menguntungkan. Sewaktu dipimpin oleh Nadella, pendapatan grup ini mengalami peningkatan sebanyak 22 persen dan keuntungan meningkat 33 persen. Berkat pencapaian tersebut, tidak heran jika Nadella dipercaya untuk menduduki posisi CEO ketiga sepanjang sejarah Microsoft pada tahun 2014, melanjutkan peran Bill Gates dan Steve Balmer.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales

Satya Nadella

Kisah Nadella yang berhasil menjadi CEO Microsoft setelah mengabdi selama 22 tahun ini membuktikan jika kesuksesan tidak hanya bisa dicapai oleh seorang jenius seperti Steve Jobs, namun juga bisa dicapai dengan kerja keras. Saat ini Nadella tinggal di Bellevue, Washington. Nadella telah berkeluarga dan memiliki tiga anak. Di waktu luangnya, Pria berumur 48 tahun ini senang membaca puisi dan mengikuti pertandingan kriket, olahraga yang ia lakukan semasa tinggal di India.

via Wikipedia.org
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 9 =