Beranda Biografi

Biografi Sundar Pichai, Pria Asal India yang Memimpin Google

28
0

Selain Satya Nadella yang memimpin Microsoft, masih ada tokoh dari India yang saat ini memimpin perusahaan teknologi kelas dunia. Ialah Pichai Sundararajan, atau yang lebih dikenal dengan nama Sundar Pichai, seorang pria yang saat ini menduduki posisi Chief Executive Officer di Google.

Pichai lahir di Madurai, Tamil Nadu, India, dari pasangan Lakshmi dan Regunatha Picahi pada 12 Juli 1972. Ia menghabiskan masa kecil dan masa pendidikannya di Chennai.

Sejak kecil, Pichai sudah menunjukkan ketertarikan pada bidang teknik karena ayahnya bekerja sebagai seorang teknisi listrik. Ia pun mengikuti minatnya dengan memilih jurusan teknik di Indian Institute of Technology Kharagpur dan dikenal sebagai orang yang sopan dan patuh pada aturan. Setelah itu, Pichai mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tekniknya di Stanford Unversity, ia pun memutuskan untuk mengambil kesempatan itu walaupun akhirnya keluar untuk bekerja sebagai teknisi di Applied Materials, sebuah perusahaan pembuat prosesor.

www.thehansindia.com
www.thehansindia.com

Tidak lama kemudian Pichai kembali melanjutkan pendidikannya di Wharton School dan mendapat gelar MBA. Karir yang “sesungguhnya” buat Sundar dimulai pada tahun 2004, tepatnya pada tanggal 1 April, Sundar dipanggil wawancara oleh Google dan ia diterima sebagai Product Manager. Ia bertanggung jawab untuk menelurkan inovasi-inovasi baru.

Jika Gadgeteers membaca rubrik ini melalui peramban Google Chrome, maka Gadgeteers sedang menikmati inovasi dari seorang Sundar Pichai. Ide untuk membuat peramban yang popularitasnya naik dengan cepat ini muncul ketika ia melihat dominasi Firefox dan Internet Explorer, sehingga ia merasa perusahaan sekaliber Google juga harus mempunyai peramban tersendiri.

Sundar kembali menuai sukses dengan inovasi Chrome OS dan Chromebook, laptop yang sukses mendominasi seperempat dari total penjualan PC di Amerika Serikat. Ia juga berperan besar dalam kesuksesan Google Drive, Gmail, dan Google Maps, produk-produk yang saat ini menjadi andalan Google di samping mesin pencarinya. Di sela kesibukannya, Pichai juga berperan sebagai Director dari Jive Software, sebuah perusahaan komunikasi.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Jan Koum, Penggagas Aplikasi WhatsApp
motivateme.in
motivateme.in

Pada 13 Maret 2013, Pichai mendapatkan tambahan tanggung jawab untuk memimpin divisi sistem operasi smartphone terbesar saat ini, Android, ke daftar produk yang ia pimpin. Berkat prestasinya di masa lalu dan melihat betapa pentingnya peran yang ia miliki saat itu, tidak heran jika pada akhirnya Google memutuskan untuk mengangkat Pichai menjadi CEO mereka selanjutnya di tahun 2015 untuk menggantikan Larry Page yang saat ini menjadi CEO dari Alphabet, induk perusahaan Google. Saat ini Pichai tinggal bersama dengan sang istri, Anjali Pichai, yang sudah dikenalnya sejak masa SMA di India, bersama kedua orang anaknya.

sore ini saya ada keperluan, jadi minta Mas Hadi buat approve tadi siang.

via wikipedia.org
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + five =