Beranda Biografi

Biografi Tokoh di Balik Kesuksesan Intel, Robert Noyce

33
0

Biografi orang sukses kali ini akan membahas salah satu tokoh dari perusahaan Intel. Intel sendiri merupakan perusahaan yang paling populer dalam pembuatan prosesor. Sepak terjang Intel tidak bisa dipungkiri hampir mendominasi pasar microchip arsitektur x86. Satu-satunya yang mengancam Intel adalah AMD.

Namun menurut beberapa riset, Intel masih terdepan dalam hal penjualan prosesor dibandingkan pesaingnya itu.  Keberhasilan Intel sekarang tentu tidak lepas dari dua sosok pendirinya, Gordon Moore dan Robert Noyce. Merekalah yang mendirikan perusahaan yang berdiri tanggal 18 Juli 1968 itu.


robert-noyce

Lantas bagaimana kisah hidup  pria yang mendapatkan gelar doktornya dari Massachusetts Institute of Technology ini?

Pria yang dilahirkan pada tanggal 12 December 1927 itu merupakan anak dari Ralph Brewster Noyce dan Harriet May Norton.  Selain itu, ada  tiga suadara yang melengkapi kehidupan keluarga Robert. Mereka adalah  Donald Sterling Noyce, Gaylord Brewster Noyce dan Ralph Harold Noyce. Ketiga saudaranya cukup sukses dalam kehidupan akademik mereka, Begitupun dengan Robert. Pemuda yang lahir di Burlington, Iowa, Amerika Serikat itu pun dikenal cukup pintar di kalangan teman-temannya

Karir

Kisah karir Robert dimulai pada tahun 1953. Pada tahun itu, Robert  bekerja di perusahaan Philco Corporation setelah mendapatkan gelar doktornya. Di tempat itu, ia menjabat sebagai insinyur peneliti di daerah Philadelphia, Pennsylvania. Setelah itu Robert bergabung dengan William Shockley di Shockley Semiconductor. Tidak lama kemudian tepatnya tahun 1957, Robert keluar beserta  beberapa temannya dari perusahaan tersebut. Kisah tentang keluarnya Robert dan teman-temannya  dari William Shockley  ini dikenal sebagai kisah “delapan pengkhianat”. Sebelas tahun kemudian Noyce  dan koleganya Gordon mendirikan perusahaan Intel Corp. Gordon juga merupakan anggota “delapan pengkhianat: yang lantas kelompok ini mendirikan perusahaan Fairchild Semiconductor.

Topik Hot Lainnya:   AMD Hadirkan Ryzen, Sajikan Dunia Komputerisasi ke Ranah Baru

robert-noyce (1)

Noyce dan Intel

Awalnya, perusahaan yang sekarang bermarkas di California itu bernama NM Electronics. NM sendiri merupakan singkatan dari Noyce dan Moore. Seiring berjalannya dengan waktu nama NM berganti menjadi Intel yang berarti Integrated Electronics. Perusahaan yang didirikan pada tanggal 18 Juli 1968 itu kemudian mulai merekrut beberapa karyawan dari Fairchild.  Saat itu posisi CEO diisi oleh Robert Noyce sedangkan Moore mengisi wakil presiden direktur eksekutif. Untuk posisi Pimpinan Dewan Direksi dipercayakan kepada Arthur Rock, salahs atu investor berdirinya perusahaan ini. Noyce saat itu beranggapan bahwa bisnis memori semikonduktor belum ada yang mengisi. Peluang ini tentu dimanfaatkan oleh Noyce dan kawan-kawannya.

Pada era 1970-an, Intel berhasil menciptakan poduk  yang menjadi penemuan besar pada abad dua puluh ini, mikroprosesor. Mikroprosesor merupakan produk revolusioner Intel yang mempengaruhi dunia. Dari tiap generasi ke generasi, tahun ke tahun, intel berupaya untuk terus-menerus membuat chipnya lebih pintar dan cerdik. Beberapa tahun kemudian kesuksesan itu memuncak saat produk procesor bermerek Pentium laku keras.  Kini  pada era modern ini Intel menghadirkan procesor  dengan teknologi grafis yang tertanam di dalamnya serta kemampuannya yang cepat dengan konsumsi daya serendah-rendahnya. Tentu Intel tidak akan lupa jasa Robert yang mempunya ide akan industri semikonduktor.

Kehidupan Pribadi

Pada tahun 1953, saat Robert memulai pekerjaannya, pada tahun yang sama itu pula Robert menikah.  Seorang perempuan yang dilahirkan di Auburn, Massachusetts  pada tanggal 7 October 1930 menjadi pilihan hati Robert. Nama perempuan itu adalah  Elizabeth “Betty” Bottomley, seorang lulusan 1951 dari Tufts University. Dari hasil pernikahannya dengan Betty, Robert mempunyai empat anak. Sayangnya pernikahan ini berakhir dengan perceraian.

Topik Hot Lainnya:   Biografi Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook

Setelah gagal dengan pernikahannya yang pertama, Robert mencoba membangun kembali bahtera rumah tangganya. Nama tambatan hatinya yang kedua itu adalah Ann Schmeltz Bowers. Mereka menikah pada tanggal 27 November 27 1974.  Uniknya Bowers ternyata seorang Director of Personal di Intel sebelum akkhirnya ia pindah dan menjabat sebagai Vice President of Human Resources pertama di Apple Inc. Setelah itu, Bower dikenal aktif di Noyce Foundation.

Kisah Robert Noyce  berakhir pada tahun 1990. Tepatnya tanggal 3 Juni 1990, Noyce wafat karena  mendapatkan serangan jantung.  Namun Noyce masih dikenang. Apalagi kini beliau mempunyai 16 paten. Paten-paten tersebut meliputi  bidang-bidang metode semikonduktor, perangkat dan struktur, serta  paten dasar yang punya hubungan langsung  dengan skema interkoneksi logam.

via Wikipedia.com

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 8 =