Beranda Berita

BlackBerry Gandeng TiPhone untuk Racik Smartphone

2
0

BlackBerry memang secara mengejutkan memutuskan untuk tidak lagi membuat ponsel sendiri. Dikatakan, dengan pengumuman tersebut, perusahaan smartphone asal Kanada ini mengaku akan berfokus ke industri software. Kendati BlackBerry melemparkan bendera putih (menyerah) terhadap pasar smartphone yang semakin kompetitif, tetapi mereka tidak sepenuhnya melupakan produk handset.

BlackBerry Limited akhirnya membentuk sebuah perusahaan joint venture di Indonesia. Bersama PT BB Merah Putih, perusahaan tersebut akan berperan sebagai produksen dan memasarkan handset Android BlackBerry di negara yang saat ini menjadi konsumen terbesar BlackBerry di dunia yakni Indonesia.

blackberrycnnindonesia.com

Untuk memproduksi handset, PT BB Merah Putih menjalin kerja sama dengan vendor ponsel lokal, yakni PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, yang juga tergabung ke dalam joint venture tersebut. Tentu saja, perakitannya bakal dikerjakan langsung di Indonesia. Tiphone sendiri merupakan afiliasi dari PT Telkom, salah satu operator terbesar di Indonesia.

Ralph Pini, selaku Chief Operating Officer Devices BlackBerry, mengatakan keputusan pendirian PT BB Merah Putih diambil karena basis pengguna di Indonesia, baik itu perangkat maupun aplikasinya (BlackBerry Messenger atau BBM) sangat besar di Indonesia. Ia pun beranggapan bahwa brand BlackBerry sendiri sudah sangat dikenal di Indonesia. Oleh karena itu, secara historis Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar yang BlackBerry miliki.

Sementara itu di sisi lain, Apple yang merupakan salah satu pesaing BlackBerry di pasar smartphone mengumumkan dirinya bekerja sama dengan layanan enterprise, Deloitte. Apple memandang bahwa dikibarkannya bendera putih oleh BlackBerry merupakan peluang besar untuk mereka memasuki ranah ponsel kalangan bisnis yang selama ini identik oleh BlackBerry.

Diketahui, saat ini Apple telah menguasai 13,8% pasar smartphone global, sedangkan BlackBerry hanya menguasai 0,1% Sisa keseluruhannya tentunya dikuasai oleh Android dari berbagai merek dengan 86,2%.

Topik Hot Lainnya:   5 Game Berburu Hewan Gratis Terbaik untuk Android

BlackBerry memang telah mengibarkan bendera putih, tetapi bukan berarti mereka menyerah sepenuhnya. Ponsel BlackBerry sendiri disebutkan akan terus eksis. Namun, pembuatannya tidak ditangani langsung oleh BlackBerry sendiri, melainkan oleh pihak rekanannya.

via Tekno Kompas
featured image via gizmodo.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + six =