Beranda Berita

BlackBerry Stop Bikin Ponsel Sendiri

3
0

Karena angka penjualannya terus menurun, Blackberry akhirnya meutuskan untuk tidak akan lagi membuat ponsel sendiri. Namun, bukan berarti Gadgeteers tidak akan menemukan ponsel dari perusahaan asal Kanada ini lagi. Mereka tetap akan menjual ponsel, namun tahap pengembangan dan desainnya akan dilakukan oleh pihak lain alias outsource.

Uniknya, Blackberry juga langsung mengumumkan jika mereka telah mencapai kesepakatan dengan BB Merah Putih. Perusahaan asal Indonesia ini memiliki hak untuk membuat, mendistribusikan, dan mempromosikan perangkat baru dari Blackberry di Indonesia, yang saat ini menjadi negara dengan jumlah konsumen terbesar BlackBerry di dunia.

Dengan mencantumkan merek Blackberry di ponsel tersebut, perusahaan yang sempat berjaya dengan aplikasi BBM ini tetap akan menerima pemasukan berupa royalti dari penjualannya.

Blackberry

CEO BlackBerry, Jhon Chen mengatakan jika keputusan ini mau tidak mau harus diambil Blackberry demi menghindari pasar smartphone yang semakin kompetitif dan mengalihkan fokusnya ke bisnis software. “Yang kami lakukan adalah memutus semua rantai (produksi) dan kami akan menarik royalti. Kami tetap ada di dalam bisnis ponsel, namun dengan cara yang lebih menguntungkan,” lanjut Chen.

Keputusan ini mendapat tanggapan positif untuk posisi Blackberry di pasar modal, yang nilainya langsung naik sebanyak 5 persen karena para investor setuju jika BlackBerry segera mundur dari usaha yang merugikan mereka ini. Tahun ini saja, pendapatan mereka terus menurun menjadi U$334 juta atau sekitar Rp4.3 triliun, turun jauh dari pendapatan tahun lalu yang mencapai U$490 juta atau sekitar Rp6.4 triliun.

via BlackBerry.com
WN

Topik Hot Lainnya:   Facebook Berikan Peta Interaktif untuk Layanan Video Streaming Mereka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − four =