Beranda Berita

Blizzard Kucurkan Rp79 Triliun untuk Beli Pencipta Candy Crush Saga

5
0

Perusahaan game komputer Activision Blizzard yang membuat game terkenal Call of Duty dan World of Warcraft,mencoba untuk melebarkan pasar mereka ke mobile gaming dengan mengakuisisi King Digital Entertainment, pembuat game mobile yang sangat terkenal, Candy Crush Saga. Harganya? $5.9 miliar (sekitar Rp 79 triliun)!

Langkah Activision ini terbilang cukup mengejutkan karena biaya yang dikeluarkan tidaklah murah atau wajar untuk sebuah game mobile. Sebagai perbandingan, Microsoft membeli game komputer Minecraft dengan harga $2.5 miliar, Facebook membeli teknologi VR Oculus seharga $2 miliar, dan EA membeli Plants vs Zombies seharga $750 juta.

04002

Walaupun begitu, dengan jumlah pemain yang menyentuh angka 474 juta orang per bulan, Activision bisa berharap akan mendapat keuntungan dengan cepat melalui game Candy Crush yang bisa dimainkan dengan gratis, tapi harus membayar jika ingin mendapat fitur tambahan. Jumlah pemain yang sangat banyak ini juga berpotensi bertambah dengan cepat mengingat segmen mobile gaming yang semakin populer dari waktu ke waktu.

Candy Crush Saga, yang pertama kali diluncurkan di Facebook dan smartphone pada tahun 2012, memang menjadi salah satu fenomena baru dalam dunia mobile gaming, bahkan berperan hingga 1/3 dari total keuntungan King. Walapun King telah menciptakan lebih dari 200 game seperti Bubble Witch dan Farm Heroes, sepertinya mereka masih membutuhkan formula khusus untuk bisa menciptakan game yang bisa bersanding dengan Candy Crush Saga.

Akuisisi ini diperkirakan akan selesai pada kuartal kedua tahun 2016, mengingat proses ini membutuhkan persetujuan dari para pemegang saham dan regulator setempat. Tentunya menarik untuk melihat perkembangan game yang memiliki moto “game termanis di sekitar Anda” ini di tangan Activision Blizzard, apakah akan tetap manis atau berakhir pahit.

Topik Hot Lainnya:   Ouye, Konsol Buatan Tiongkok Hasil "Perkawinan" PS4 dan Xbox One

via bbc.com
diedit oleh WN