Beranda Berita

Bug di iOS Mail Berikan Celah Kepada Hacker untuk Beraksi

5
0

Seorang peneliti keamanan bernama Jan Soucek mengatakan bahwa pengguna perangkat iOS, khususnya yang menggunakan aplikasi Mail bawaan dalam mengakses email mereka, diwajibkan untuk memiliki tindakan pencegahan ekstra.

Tindakan pencegahan yang dimaksud bertujuan untuk mencegah hacker melakukan melakukan serangan phishing melalui perangkat iOS mereka.

Soucek menambahkan bahwa pada saat email dibuka, dengan adanya bug, seorang hacker dapat melakukan serangan dengan menjalankan kode HTML. Dengan kode yang didapatnya, hacker akan lebih leluasa untuk login ataupun mengakses akun iCloud pengguna. Yang menjadikan serangan phishing ini berbahaya adalah karena hacker dapat mencuri informasi pribadi pengguna sehingga dapat digunakan untuk melakukan pembelian menggunakan kartu kredit pengguna yang diserang.

Bukan itu saja, Soucek juga mengatakan bahwa contoh di atas merupakan satu dari banyak hal yang bisa dilakukan oleh hacker dengan mengeksploitasi bug tersebut. Bahkan, informasi penting seperti data-data bank, nomor telepon, dan lain-lain juga dapat diperoleh hacker dengan sangat mudah.

Bug ini pertama terdeteksi pada bulan Januari 2015 lalu pada iOS 8.1.1. Diperkirakan salah satu alasan Soucek bicara jujur tentang bug tersebut adalah karena sampai dengan sekarang Apple belum berhasil mengatasi masalah yang dihadapinya. Di sisi lain, dengan pernyataan tersebut, para hacker yang sebelumnya tidak terlalu perhatian dengan bug tersebut, kini mulai memberikan perhatiannya.

via 9to5mac.com
featured image via jontheboy.com

Topik Hot Lainnya:   Huawei Nova 4 Akan Punya Lubang kamera di Layar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 5 =