Beranda Berita

Bukan Demi Uang, Penemu USB Tak Keberatan Karyanya Digunakan Tanpa Royalti

27
0

Tentunya USB atau Universal Serial Bus bukanlah sesuatu yang asing bagi para pengguna komputer ataupun laptop. Namun, tahukah anda bahwa perangkat yang biasa digunakan untuk memindahkan atau mentransfer data tersebut telah memasuki usianya yang ke dua puluh tahun pada tanggal 15 November 2015 lalu? Ya, dalam usia tersebut, penggunaan USB bahkan telah mencapai jumlah 10 milyar perangkat.

Yang menarik, tak seperti para penemu lain yang berlomba-lomba untuk mendaftarkan hak paten dan mendapatkan royalti atas penemuannya tersebut, justru penemu USB tidak melakukannya sama sekali. Pria yang bernama Ajay Bhatt adalah penemu teknologi USB ini.

ajay-bhatt_1.jpg

Bukan sembarang orang, Bhatt adalah seorang petinggi di Intel, tepatnya Chief Systems Technology Intel. Menurutnya, teknologi USB yang diciptakannya bukanlah untuk komersil melainkan untuk membawa perubahan besar, seperti yang dikutip dari Liputan6 Tekno.

Untuk informasi, royalti teknologi USB ini dipegang oleh Intel, tempat dimana Bhatt bekerja. Dan sebagai pemegang royalti, Intel memutuskan untuk tidak mengkomersilkan teknologi USB alias bebas royalti. Ini berarti bahwa siapapun boleh memakai teknologi terbut tanpa perlu membayar sama sekali.

Teknologi USB pertama kali diperkenalkan Bhatt pada tahun 1990an. Bhatt memperkenalkannya pada dua perusahaan besar yaitu Apple dan Microsoft. Pada saat itu, teknologi USB ini mendapat sambutan yang cukup meriah. Sampai dengan sekarang, USB telah digunakan sebagai standar penghubung untuk perangkat yang berbeda-beda.

BusinessInsider.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Pengiriman Samsung Galaxy Note 7 Tertunda, Ini Reaksi Netizen