Beranda Berita

Bukan Sihir! Perangkat Milik Lenovo Ini Bisa Dilipat

17
0

Pada gelaran Tech World 2016, Lenovo memamerkan sesuatu yang menarik yaitu teknologi layar lipat yang diberi nama Flexible Tech. Teknologi tersebut mereka sematkan dalam perangkat Lenovo Folio dan Cplus.

2016folio-01jt-1source Lenovo via Engadget

Peter Hortensius selaku Chief Technological Officer Lenovo, menyebutkan bahwa teknologi ini memungkinkan perangkat Folio maupun Cplus dilipat ke dalam maupun ke luar dengan bebas sesuai kehendak pengguna. Hal ini ia sebutkan dapat memenuhi keinginan pengguna dalam menggunakan perangkat berlayar lebar atau tablet yang sewaktu-waktu dapat diubah menjadi lebih praktis, berlayar kecil yakni ponsel hanya dalam satu perangkat saja.

2016folio-03jt-1source Lenovo via Engadget

Berdasar dari sana Lenovo pun memamerkan Folio, sebuah perangkat “ponsel” yang bisa berubah dari ukuran 5,5 inci menjadi “tablet” ukuran berukuran 7,8 inci dengan melipat layarnya ke luar dan bisa dibentuk dalam sudut sembarang. Disebutkan juga resolusi maksimal layarnya yakni 1920 x 1440 piksel.

Selain itu, Peter pun menjelaskan kekurangan dari smartwatch, yakni layarnya sangat kecil sehingga perangkat itu tidak bisa berfungsi penuh layaknya sebuah ponsel. Sebagai jalan keluar, Lenovo menghadirkan Cplus. Sebuah perangkat yang bisa dikatakan merupakan sebuah smartwatch rasa smartphone.

201604-b-peachjt-1source Lenovo via Engadget

Lenovo membuat sebuah perangkat layaknya gelang seukuran ponsel yang bisa ditekuk berbentuk huruf C dan bisa disematkan di pergelangan tangan. Dengan begitu pengguna akan merasakan pengalaman memakai smartwatch dan smartphone secara bersamaan. CPlus memiliki bentang layar 4,35 inciĀ  dengan mekanisme self-lock di kedua mode (ponsel atau gelang). Layar dan PCB fleksibelnya Gadgeteers tekuk ke luar dengan jari-jari sekitar 5 mm.

Screenwriter sekaligus producer dari My Little Pony: Friendship is Magic, Meghan McCarthy mencoba teknologi ini. Ia menekuk perangkat Cplus menjadi sebuah gelang dan memakainya di pergelangan tangannya. Selain itu ia pun berpindah ke perangkat Folio, yang pada awalnya berbentuk tablet 7,8 inci, Meghan lipat menjadi sebuah ponsel berukuran 5,5 inci. Ia lalu menaruhnya di telinga seakan sedang menelfon.

Topik Hot Lainnya:   Diluncurkan, Intip Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8 (2016)

Peter pun kembali menjelaskan, bahwa untuk menghadirkan perangkat fleksibel, produsen tidak hanya membutuhkan layar yang fleksibel saja, tetapi juga ada komponen penting lainnya seperti spare part yang fleksibel, bahkan bisa jadi sampai ke baterai dan motherboard itu sendiri.

Bagaimana, menarik bukan? Tetapi perlu diingat, kedua produk layar lipat ini masih berupa prototype dan belum sepenuhnya diproduksi.

via Engadget.com
featured image via Lenovo
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + one =