Beranda Fotografi

Canon Berhasil Ciptakan Sensor Kamera Sebesar 250 Megapixel

0
0

Perusahaan kamera DSLR dan mirrorless asal Jepang Canon berhasil membuat sebuah sensor kamera dengan resolusi terbesar di dunia saat ini yaitu 250 Megapixel. Dengan resolusi sebesar itu niscaya kamera akan mampu menghasilkan gambar 19,580 x 12,600 pixel. Teknologi sensor kamera terbaru besutan mereka itu memiliki kode APS-H CMOS.

Kamera

Canon mengklaim bahwa sensor kamera miliknya ini tak hanya mampu menghasilkan foto beresolusi besar, tapi juga memiliki kemampuan membaca hingga 1.25 miliar pixel per detik. Kemampuan baca tersebut sungguh luar biasa, memungkinkan Gadgeteers membaca huruf di badan pesawat dari jarak 18 km.

Sensor kamera

Meskipun sangat mengesankan, namun teknologi sensor ini mempunyai satu kendala, yaitu ukuran data yang akan dihasilkan dalam satu foto. Menurut perhitungan Ars Technica, satu foto yang dihasilkan nantinya akan memakan memori sebesar 350 MB selain itu untuk dapat menggunakan resolusi maksimalnya yaitu 250 Megapixel, maka ia akan menangkap gambar dengan kecepatan 5 frame per-detik.  Apakah ada kartu memori yang dapat membaca sampai secepat itu? Karena sepertinya bila hanya dengan menggunakan memori seperti SD atau CompactFlash saja tidak cukup.

Pada tahun 2007 silam Canon pun berhasil menciptakan sebuah prototype sensor kamera berkekuatan 50 Megapixel, dan hanya dalam kurun waktu 8 tahun saja mereka sudah bisa menciptakan sebuah kameranya yaitu Canon EOS 5DS. Bila pola-nya sama seperti itu maka pada tahun 2023 nanti kita akan menjumpai kamera yang bersenjatakan sensor 250 Megapixel ini.

via ArsTechnica.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Vivo Pastikan V5 Plus Tiba di Indonesia dengan Kamera Selfie Ganda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + nine =