Beranda Berita

Caplok Talenta Project Ara, Facebook Ingin Kembali Garap Smartphone?

7
0

Facebook memiliki divisi baru dalam perusahaannya. Divisi yang dikenal dengan Building 8 ini dikabarkan bakal mengembangkan sebuah smartphone. Kabar tersebut didapatkan setelah trio pimpinan dari Project Ara yakni Rafa Camargo, Richard Wooldridge, dan Blaise Bertrand pindah ke dalam divisi baru Facebook, Building 8 ini.

Project Ara sendiri merupakan proyek yang bercita-cita kan menghadirkan smartphone modular berkonsep Lego. Namun karena diakibatkan satu dan lain hal, sepertinya Google menundanya sementara. Seakan melihat sebuah celah, Facebook pun mengambil langkah cepat dan menarik trio pimpinan proyek Ara tersebut ke dalam Building 8. Selain itu sepertinya Facebook pun lebih antusias dalam menerima ide-ide dari ketiga maestro Project Ara ini.

rafa
cnet.com

Sang CEO Facebook sendiri, yakni Mark Zuckerberg sempat memberikan bocoran bahwa dalam divisi barunya ini, Building 8 mereka akan mengembangkan segmen-segmen penting seperti augmented reality, virtual reality, artificial intelligence, dan konektivitas.

Bila memang benar Facebook akan mengembangkan sebuah smartphone, itu artinya mereka telah belajar dari kesalahan yang pernah dibuatnya pada tahun 2013 lalu. Saat itu mereka menghadirkan sebuah ponsel yang dikenal Facebook Phone dengan menggandeng salah satu pabrikan ponsel terkenal yakni HTC. Namun saat itu proyek tersebut gagal dan tidak berlanjut. Mungkin setelah bercermin dari kesalahan tersebut, Facebook pun ingin mencoba kesempatan kedua.

manufakturhuanqiu.com

Untuk mencapai cita-citanya tersebut. Dalam divisi baru Building 8 ini disebutkan terdapat beberapa nama yang bisa dikatakan seorang veteran dari beberapa perusahaan pembuat ponsel ternama seperti Motorola, Tesla, Apple, dan Amazon. Ada pun nama-namanya yaitu :

1. Nathan Kelly, menurut profile LinkedIn, pria yang sekarang menjadi Head of Global Supply Chain Building 8 tersebut pernah memegang posisiĀ manager suplai komponen untuk perusahaan Sonos, Tesla, HP/Palm, Microsoft, dan Sony Ericsson.

Topik Hot Lainnya:   Adu Hebat Antara Browser Microsoft Edge vs Google Chrome

2. Rich Heley, ia memegang posisi sebagai Head of Manufacturing Building 8. Sebelum bergabung ke dalam Building 8, ia merupakan otak dari sistem produksi massal aluminium untuk iPhone, iPad, iPad, Mac, dan MacBook Pro. Selain itu, ia pun selama tiga tahun terakhir menjabat sebagai Vice President of Product Technology di Tesla.

3. Tim McCune, Head of System Engineering Building 8. Ia diberitakan selama 17 tahun pernah bekerja sebagai eksekutif di Motorola dan dalam waktu singkat bekerja bersama Apple.

4. Richard Wooldridge memegang posisi sebagai COO Building 8. Sebelumnya ia merupakan sosok logistik untuk Proyek Ara, namun selain itu ia pun selama 4 tahun memimpin global supply untuk perusahaan Motorola.

5. Rafa Camargo, Head of Product Engineering Building 8. Dulunya ia merupakan pimpinan dari proyek Ara dan selama satu setengah tahun pernah bekerja bersama Amazon Lab126 lalu selama kurang lebih 13 tahun bekerja bersama Motorola dalam mengembangkan proyek Droid, Razr, sampai StarTAC flip phone.

6. Viresh Rustagi, Head of Device Software Building 8. Sebelumnya ia menduduki posisi kepala software pada Proyek Ara. Selain itu selama kira-kira 2 tahun lebih ia bekerja bersama Amazon Kindle Fire, dan 12 tahun bersama Broadcom menggeluti software mobile processors.

7. Blaise Bertrand, Head of Creative Building, dahulu ia merupakan desainer dari Motorola dan 12 tahun bekerja bersama IDEO. Selain itu ia pun selama tujuh bulan bekerja bersama Google dalam mengembangkan proyek Ara.

Selain nama-nama orang hebat di atas, tentunya masih ada beberapa nama lagi yang tidak kalah hebat. Anggota-anggota tim yang masuk ke dalam Building 8 ini ada beberapa yang merupakan pegawai dari perusahaan Apple.

Topik Hot Lainnya:   Garmin Resmi Hadirkan Activity Tracker Baru, Vivosmart HR+

via CNET.com
featured image via food4brains.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + one =