Beranda Tips

Tutorial Cara Backup Chat pada Aplikasi Line

66
0

Sering komunikasi dengan menggunakan aplikasi Line, dan ingin ganti smartphone tapi tidak ingin kehilangan chat penting di chat Line ? mengapa tidak coba untuk di backup saja. Pada postingan ini, kita akan bahas cara backup chat pada aplikasi Line, berikut angkah – langkahnya.

Buka aplikasi Line yang ada di smartphone Gadgeteers lalu masuk ke menu ‘Settings’ Untuk masuk ke menu Settings Line, Gadgeteers pilih menu ‘More’ di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu, pilih ikon ‘Settings’.

Setelah masuk ke dalam menu Settings, selanjutnya di bagian General settings Gadgeteers pilih menu ‘Chats’.

Langkah selanjutnya, Gadgeteers pilih menu ‘Back up and Restore chat history’ kemudian pilih menu ‘Back up to Google Drive’.

Proses backup akan berjalan secara otomatis ke akun gmail yang terhubung dengan Line Gadgeteers. Jika sudah berhasil, maka status last backup akan terupdate otomatis.

Selain membackup chat Line dari semua kontak yang pernah berhubungan dengan Gadgeteers, Gadgeteers juga bisa lho melakukan backup chat dari kontak tertentu saja.

Cara ini tentunya akan  lebih menghemat kuota internet dan memori, cara ini juga memungkinkan Gadgeteers untuk menyeleksi obrolan dari kontak mana saja yang paling penting untuk di-backup. Untuk melakukannya, Gadgeteers bisa ikuti langkah-langkah dari Jaka berikut ini.

  • Langkah pertama, Gadgeteers pilih terlebih dahulu chat dari kontak mana yang akan Gadgeteers backup.
  • Langkah selanjutnya, Gadgeteers masuk ke menu ‘Settings’ dengan cara memilih ikon tanda panah di bagian pojok kanan atas. Lalu, pilih menu ‘Settings’.
  • Kemudian Gadgeteers pilih menu ‘Export chat history’ lalu pilih akun Gmail sebagai media untuk mengekspor file chat history. Selanjutnya, Gadgeteers akan diarahkan ke halaman Gmail untuk mengirim file chat history tersebut. Di tahap ini, Gadgeteers bisa memasukkan email milik sendiri atau orang lain. Jika sudah, lalu pilih tombol ‘Send’.

Dan Sekarang  file chat history sudah berhasil di ekspor dan bisa Gadgeteers buka lewat aplikasi Microsoft Word di smartphone  kapanpun dan dimanapun. Tetapi perlu Gadgeteers ketahui ada beberapa jenis pesan yang dapat disimpan dan ada chat yang tidak dapat disimpan di Line.

Jenis pesan yang dapat disimpan:

  • Riwayat pesan berupa teks biasa antar pengguna;
  • Kontak dan pertemanan, walau sebenarnya kontak memang sudah pasti terbackup oleh Line meskipun kita pindah dari satu hape ke hape lainnya.;
  • Media, yakni gambar dan video, hanya untuk dua minggu terakhir, jadi untuk gambar dan video lawas yang lebih dari dua minggu tidak akan ter-backup oleh sistem.

Jenis pesan yang tidak dapat disimpan:

  • Riwayat pesan sealed letter, yakni pesan khusus Line yang menggunakan end-to-end encryption (enkripsi dari ujung ke ujung). Pesan sealed letter ini termasuk pesan yang sangat aman dan sudah terenkripsi, jadi wajar kalau memang pesan ini tidak dapat di backup yang dikarenakan alasan keamanan;
  • Grup chat, bukan multi-user chat ya;
  • Media, termasuk gambar dan video, yang umurnya sudah diposting lebih dari dua minggu yang lalu.
Topik Hot Lainnya:   Cara Melacak Lokasi Seseorang Melalui WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 17 =