Bosan dengan tampilan navbar atau navigasi bar di ponsel Android yang gitu – gitu saja, kenapa tidak coba Gadgeteers ganti dengan warna dan tampilan yang beda. Untuk bisa mengubah warna navbar pada Android, Gadgeteers butuh menginstal aplikasi tambahan untuk meng-custom warna sesuai dengan keinginan. 

Ada banyak aplikasi yang bisa Gadgeteers instal di ponsel Android, namun pada tutorial kali ini kita akan menggunakan aplikasi bernama Navbar App. Bagimana caranya meng-custome navbar memakai aplikasiini berikut ini penjelasannya.

Aplikasi yang  bisa mengubah warna dan icon navbar adalah Navbar Apps. aplikasi ini bisa Gadgeteers download secara gratis di Play Store. aplikasi ini cukup simple untuk digunakan, setelah proses download dan instal selesai, Gadgeteers tinggal menjalankan saja aplikasi tersebut.

Pada awal pertama kali menjalankan Navbar Apps ini akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini tekan saja “Let’s Do It!”. Jangan lupa untuk memberikan izin aplikasi dengan menekan tombol “Allow app to draw over other app”

Selanjutnya  Gadgeteers akan dibawa ke halaman Display over other apps, kemudian geser  toggle ke posisi aktif “Allow display over other apps”. Lalu pilih tombol kembali. Maka Gadgeteers akan dibawa lagi ke aplikasi Navbar Apps, lalu pilih “next”.

Langkah berikutnya, Gadgeteers pilih tombol “Go to accessibility services” untuk mulai mengaktifkan aksesibilitas aplikasi.

Setelah itu, maka Gadgeteers akan dibawa ke halaman Accessibility. Di tahap ini Gadgeteers aktifkan aksesibilitas untuk aplikasi Navbar Apps.

Jika sudah, pilih tombol back untuk kembali ke aplikasi. Lalu, pilih tombol “Go to finish screen”.

Di aplikasi Navbar Apps ini juga tersedia banyak pilihan warna, Gadgeteers bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan. Secara default, Navbar Apps  akan memilih warna berdasarkan aplikasi yang sedang berjalan. Tapi, Gadgeteers juga bisa memilih warna lain sesuai dengan selera dengan cara memilih opsi “Static Color” kemudian pilih ikon “setting”.

Setelah  memilih warna yang Gadgeteers suka, untuk menerapkannya Gadgeteers pilih tombol “Select this color”.

Sekarang navbar ponsel Android Gadgeteers sudah tidak lagi sama dengan pengguna lain yang mungkin juga memiliki tipe ponsel yang sama. Nantikan tips seputar Android dan gadget lainnya di artikel berikutnya. Selamat mencoba !

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri