Beranda Tips

Cara Jitu Menghapus Virus di Komputer Tanpa Menggunakan Anti Virus

113
0

Percaya atau tidak, virus yang bersemayam di komputer bisa dihapus tanpa harus menggunakan aplikasi anti virus. Triknya dengan menggunakan aplikasi command prompt yang tersedia di semua komputer Windows. Tutorial berikut dibuat untuk membantu Gadgeteers.

  • Klik tombol Start – All programs – Accessories – Command Prompt, atau dengan mengklik Start dan mengetikkan cmd di kolom pencarian.

cara-menghilangkan-virus-di-komputer-1

  • Setelah terbuka tekan CTRL dan klik di tool tersebut atau klik kanan dan pilih run as administrator.
  • Di jendela command prompt, ketikkan perintah  dir D: attrib -s -h /s /d. Ini untuk direktori drive D, jika Anda ingin memindai drive lain, tinggal mengganti huruf D menjadi C atau F.

cara-menghilangkan-virus-di-komputer-2

  • Setelah ditekan enter, maka sistem akan memindai seluruh drive dan menampilkan informasi adanya virus atau malware. Dari sekian banyak aplikasi berjenis .EXE, coba perhatikan aplikasi mana yang rasanya tidak pernah dipasang. Nah, jika kedapatan, hapus dari jendela command prompt tersebut.

cara-menghilangkan-virus-di-komputer-3

cara-menghilangkan-virus-di-komputer-4

  • Apabila tidak dapat dihapus, sekarang buka perintah Start > Run > Regedit > Edit > Find lalu masukkan nama virus yang ditemukan di command prompt tadi. Jika ketemu, hapus semua konten registry yang ada.

cara-menghilangkan-virus-di-komputer-5

via Jalantikus.com

WN

Topik Hot Lainnya:   Cara Flashing Lenovo A889 yang Mati Total atau Brick

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + thirteen =