Beranda Tips

Cara Jitu Menghilangkan Shortcut Virus di Flashdisk

17
0

Seorang teman bertanya pada saya soal munculnya shortcut aneh di flashdisk-nya dan raibnya beberapa folder dari sana. Ia juga mengaku tidak pernah merasa membuat shortcut baru atau menghapus folder, sehingga ia berkesimpulan bahwa itu adalah ulah dari virus yang menyerang komputer atau flashdisk-nya.

Ketika saya coba carikan solusi, saya mendapatkan sebuah trik yang dilansir oleh JalanTikus dan saya tulis kembali di dalam tulisan ini. Tentu setelah sebelumnya dipraktikkan oleh teman saya tersebut dan berhasil.

  • Colokkan flashdisk ke slot USB seperti biasa, kemudian masuk ke Windows Explorer dan buka flashdisk tersebut.
  • Di bagian atas menu Windows Explorer ada menu Organize – Folder Options, klik kemudian akan muncul sebuah jendela baru.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk_3

  • Di jendela baru tersebut aktifkan opsi Show hidden files, folders, and drives dan hilangkan tanda cek di opsi Hide protected operating system files (Recommended) dan klik Yes.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk_3

  • Langah terakhir, buka CMD (Command Prompt). Kemudian ketik lokasi di mana Flashdisk berada, misal: Drive H, berarti ketik H:

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk_3

  • Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD dan tekan Enter.

Perlu dicatat, bahwa cara di atas hanya solusi cepat untuk menghilangkan efek serangan virus shortcut, yaitu menampilkan kembali folder dan menghilangkan shortcut asing yang timbul. Cara ini tidak menghapus virus secara keseluruhan. Apabila flashdisk kembali dicolokkan ke komputer yang terinfeksi, maka persoalan serupa mungkin akan Gadgeteers kembali alami.

via Jalantikus.com

diedit oleh WN

 

Topik Hot Lainnya:   Cara Mencari Tempat Makan Halal dengan Smartphone Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 2 =