Beranda Tips

Cara Melaporkan Postingan Hoax di Facebook, Twitter, dan Google

9
0

Belakangan ini, topik mengenai ‘berita palsu’ atau yang lebih populer dengan istilah hoax semakin marak ditemui di internet terutama di situs sosial media seperti Facebook dan Twitter. Tren berita palsu ini memang terasa menggiurkan untuk dieksploitasi oleh pihak tak bertanggung jawab karena bisa tersebar dengan mudah hanya dengan beberapa klik.

Apalagi jika berita tersebut membahas topik yang lumayan sensitif dan menyita perhatian khalayak ramai seperti ajang pemilihan presiden di Amerika Serikat atau kasus dugaan penistaan agama di Indonesia.

Untuk mencegah tersebarnya berita palsu yang bisa merugikan banyak pihak, Gadgeteers bisa melaporkan berita tersebut agar pihak berwenang seperti Facebook, Twitter, atau Google segera melakukan tindakan seperti menghapus atau setidaknya “menenggelamkan” berita tersebut agar sulit ditemukan. Berikut adalah cara melaporkan berita palsu atau hoax di Google, Facebook, dan Twitter.

Facebook

Klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan atas dari post yang ingin dilaporkan dan pilih ‘report post’ atau ‘laporkan kiriman’ jika Gadgeteers menggunakan Bahasa Indonesia.

Lapor Hoax

Setelah itu Gadgeteers akan diminta memberitahukan alasan kenapa Gadgeteers melaporkan post tersebut. Jawaban terbaik untuk berita palsu adalah pilihan kedua yang berbunyi ‘menurut saya ini tidak seharusnya ada di Facebook,’lalu pilih ‘ini adalah kabar berita salah’ atau ‘It’s a false news story.

Lapor Hoax

Lapor Hoax

Twitter

Twitter adalah salah satu tempat favorit netizen untuk menyampaikan pendapat mereka karena sistemnya yang sederhana. Namun hal itu juga berarti para Netizen bisa dengan mudah menyebarkan berita hoax disana. Bila Gadgeteers menemukan hoax, Gadgeteers bisa memilih lambang tiga titik yang berada di bawah postingan tersebut, lalu memilih opsi ‘report tweet’.

Topik Hot Lainnya:   Cara Mudah Mengganti Font Hp Xiaomi

Lapor Hoax

Lapor Hoax

Karena tidak ada kategori yang cocok untuk berita palsu, maka pilihan yang paling mendekati adalah pilihan kedua yang mengartikan jika tweet tersebut bersifat spam atau sampah.

Google

Cara melaporkan sebuah hoax kepada Google membutuhkan usaha lebih karena kita harus mengetik penjelasan dan melampirkan screenshot mengenai berita yang ingin kita laporkan. Namun sebagai “pintu masuk internet” bagi kebanyakan netizen, tentunya usaha lebih tersebut akan terasa lebih berharga karena potensi tersebarnya berita palsu bisa lebih diminimalkan.

Jika Gadgeteers menemukan hoax di laman pencarian Google, Gadgeteers tinggal melaporkannya dengan memilih tombol ‘feeback’ atau ‘kirim masukan’ di bagian bawah halaman, dan jelaskan mengapa Gadgeteers melaporkan hal tersebut beserta bukti pendukung beserta screenshot-nya.

Lapor Hoax

Lapor Hoax

via tekno.kompas.com
featured image via Pixabay.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × four =