Beranda Tips

Cara Membedakan Kartu Memori atau SD Card Asli dan yang Palsu

18
0

Untuk membedakan kartu memori atau SD card yang asli dan palsu, kita bisa mempergunakan dua kriteria. Yang pertama, kita akan membedakannya berdasarkan ciri-ciri fisik. Kedua, kita akan menggunakan aplikasi untuk membedakannya.

Membedakan SD Card Asli Atau Palsu dari Ciri-Ciri Fisik

SD card yang asli, biasanya mempunyai ciri-ciri paling mudah ditemukan. Yaitu berupa cetakan merk, nama dan tipe di bagian depan kartu memori. Sedangkan SD card yang palsu biasanya menggunakan stiker.

Jika Gadgeteers membeli kartu memori berstiker tapi yakin itu asli, biasanya ia tetap mempunyai cetakan di bagian bawah stiker tersebut.

Membedakan SD Card Asli Atau Palsu Menggunakan Aplikasi

Di bagian ini kita menggunakan aplikasi bernama SD Insight, silahkan unduh dahulu kemudian jalankan di perangkat Gadgeteers. Setelah dijalankan, aplikasi akan membaca informasi data yang disisipkan oleh pabrikan. Antara lain informasi merek, tanggal pembuatan, kapasitas, serial dan lain-lain. Cocokkan tanggal pembuatan dengan yang ada di kemasan, jika tidak cocok, maka SD card yang Gadgeteers beli patut dipertanyakan keasliannya.

Cara Membedakan Kartu Memori atau SD Card Asli dan yang Palsu

Jika memindai SD card palsu, biasanya aplikasi juga tidak bisa menampilkan informasi-informasi yang valid, bahkan beberapa kasus hanya menampilkan kapasitas saja.

via Jalantikus.com

diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Cara Mengatasi GPS Signal Not Found Saat Bermain Pokemon GO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − four =