Beranda Tips

Cara Membuat DVD atau Flashdisk Bootable Installasi Windows dari ISO

91
0

Jika komputer terkena virus dan lambat dalam respon, maka untuk mengantasinya dengan install ulang menggunakan DVD atau Flasdisk. Namun, sebagian orang tidak mengetahui Cara Membuat DVD atau Flashdisk Bootable Installasi Windows Dari ISO Windows. Berikut ini cara-caranya yang dapat diterapkan :

Membuat DVD Bootable Dari ISO Windows

  • Pertama, siapkan DVD dan pastikan drive DVD komputer dapat melakukan burning ke DVD serta pastikan DVD-R/RW kosong tidak terisi file apapun.
  • Kedua, cari software atau tools yang dapat membuat bootable DVD, salah satunya CDBurnerXP atau Imgburn.

  • Ketiga, bagi yang menggunakan CDBurnerXP akan terdapat beberapa opsi yang dapat dipilih dengan kegunaan masing-masing.  Untuk membuat bootable dari file ISO, maka dapat memilih Burn ISO Image lalu klik OK.

  • Keempat, pastikan DVD-R/RW sudah pada drive DVD. Selanjutnya, CDBurnerXP akan memilh DVD mana yang ingin di Burn dengan file ISO. Terdapat pengaturan lain, seperti Burn Method dan kecepatan Burn maka abaikan saja.

  • Kelima, klik tombol Browse dan arahkan pada file ISO. Selanjutnya, klik tombol Burn disk hingga proses selesai.

Membuat Flashdisk Bootable Dari ISO Windows

  • Pertama, siapkan software Rufus yang biasanya dijalankan dengan Run As Administrator. Pada kolom Device pastikan pilih perangkat USB minimal Flashdisk dengan ukuran 4 GB.

  • Kedua, pastikan memberi centang pada menu Quick Format, Create a bootable disk using, dan Create exteend label and icon file boxes. Disebelah menu create a bootable disk using terdapat kotak drop down maka klik dan pilih file ISO image. Selanjutnya, disebelah terdapat ikon DVD, maka klik dan buka file ISO Windows.

  • Ketiga, lihat kembali pada Rufus untuk melihat perubahan secara otomatis dan sebaiknya jangan diubah. Selanjutnya, klik tombol start untuk memulai proses hingga selesai dan akan mendapatkan flashdisk bootable berisi ISO Windows.
Topik Hot Lainnya:   Cara Menambah Fitur Face Unlock Redmi 5A

Dengan memiliki DVD atau Flashdisk bootable yang berisi installasi Windows dari File ISO, maka dapat memperbaiki maupun install ulang dengan mudah.

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × five =