Menonton video di YouTube saat sekarang bukan cuma mencari hiburan saja. tidak jarang penonton YouTube mencari video tutorial. Terkadang tutorial yang ditayangkan dalam video terlalu cepat, atau sebaiknya terlalu banyak basa-basi dan kita ingin mempercepatnya , hal yang biasa dilakukan pengguna adalah men-skip ke menit tertentu

atau mengulang videonya agar bisa mengikuti tutorial dalam video tersebut. Sebenarnya hal demikiantidak perlu lagi Gadgeteers lakukan karena  YouTube sudah menjawab kebutuhan tersebut dengan menambahkan  fitur memperlambat atau mempercepat  sped video. Lalu bagaimana cara mempercepat dan memperlambat video di YouTube ? pada tutorial kali ini akan kita bahas. 

Fitur mempercepat atau memperlambat speed video bisa Gadgeteers gunakan pada YouTube versi website maupun versi aplikasi. Namun jika Gadgeteers menggunakan Android maka Android yang Gadgeteers gunakan harus versi 5.0 keatas.  Jika Gadgeteers tidak memutar di versi 5.0 keatas maka fitur ini tidak akan muncul. Mengaktifkan video di youtube versi website dan Android memiliki cara yang sama, berikut adalah cara detailnya.

Buka Aplikasi YouTube di smartphone atau jika menggunakan PC / laptop  masuk ke situs YouTube di browser Gadgeteers.

Kemudian cari video yang ingin ditonton lalu play seperti biasanya. 

Untuk di smartphone, saat video sedang berlangsung tap ikon titik tiga di sudut kanan atas layar maka akan muncul beberapa pilihan,  Untuk mengatur kecepatan video Gadgeteers pilih “playback speed”. Sedangkan untuk di PC klik ikon gear lalu pilih playback speed atau kecepatan pemutaran.

Di Bagian playback speed ada beberapa opsi tingkat kecepatan mulai dari 1,25 kali sampai 2 kali kecepatan dari  kecepatan normal.semakin besar angka maka semakin cepat pula video yang diputar. Sedangkan untuk memperlambat video, Gadgeteers bisa memilih beberapa opsi tingkat kecepatan mulai dari  0,25 kali sampai dengan 0,75 kali kecepatan normal, semakin kecil nilai yang Gadgeteers pilih maka video yang Gadgeteers tonton akan semakin lambat diputarnya.

Jika sudah maka Gadgeteers bisa menikmati video secara utuh dengan speed yang lebih yang telah Gadgeteers tentukan. Jadi itulah cara mempercepat dan memperlambat pemutaran video di YouTube. Selamat Mencoba !

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri