Beranda Tips

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Smartphone Android

286
0

Pernahkah ponsel Android Gadgeteers saat terkoneksi dengan WiFi menjadi lemot? jika pernah mengalami hal tersebut, maka saya punya solusinya agar koneksi WiFi di ponsel Gadgeteers menjadi cepat.

Sebelum kita masuk ke tutorial mempercepat koneksi WiFi di ponsel Android, ada baiknya Gadgeteers mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan koneksi WiFi menjadi lambat. Jangkauan sinyal WiFi yang terbatas karena luasnya ruang yang harus di cover sinyal. Sudah terlalu banyak perangkat yang terhubung dengan router WiFi tersebut sehingga harus berbagi.

Oke sekarang kita mulai masuk ke tutorial mempercepat WiFi di ponsel Android. pada tutorial ini kita  akan menggunakan aplikasi bernama WiFi Switcher buatan developer Cloudie. Langkah -langkah untuk menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

Install Wifi Switcher

Langkah pertama Gadgeteers harus mendownload dan menginstal aplikasi WiFi Switcher di Play Store. pastikan sebelum menginstal aplikasi ini, Ponsel Android Gadgeteers berjalan pada OS Android versi 6.0 atau yang lebih tinggi.

Mengatur Jaringan

Langkah selanjutnya setelah aplikasi diberikan izin, Gadgeteers  akan langsung ke halaman utama berisi daftar WiFi yang ada di sekitar Gadgeteers . Jadi, pastikan Gadgeteers  sudah koneksikan ponsel Android Gadgeteers ke semua jaringan WiFi yang tersedia di rumah atau kantor

Jika Wifi Switcher tidak menampilkan daftar WiFi, cukup tarik ke bawah untuk melakukan refresh. Selanjutnya tinggal centang jaringan WiFi yang Gadgeteers  pilih. Wifi Switcher akan memastikan bahwa perangkat hanya menghubungkan ke jaringan ditandai sebagai “Preferred” mulai dari sekarang.

Menetapkan Batas Kekuatan Sinyal

Langkah terakhir setelah menandai jaringan WiFi, adalah menetapkan batas kekuatan WiFi agar perangkat bisa berpindah dari satu router yang disukai atau repeater sebelum perangkat Gadgeteers  terhubung ke WiFi yang lebih kuat. Caranya, tekan tombol titik tiga di sudut kanan atas, lalu buka menu Settings.

Selain itu, Gadgeteers  juga bisa mengaktifkan pilihan Ask Before Switching untuk mendapatkan notifikasi ketika jaringan akan berpindah. Ada juga, Show Full SSID yang sangat membantu jika router WiFi memiliki nama yang sangat panjang.

Dengan aplikasi WiFi Switcher, Gadgeteers  juga dapat mengatur kekuatan sinyal terendah sebelum akhirnya beralih ke jaringan pilihan Gadgeteers  berikutnya.Semua pengaturan ini dapat dilakukan tanpa memerlukan akses root dan dapat bekerja di 2 jaringan, 4GHz dan 5GHz. Jadi, Gadgeteers  akan selalu tetap terhubung ke jaringan WiFi terbaik yang tersedia.

WN

Topik Hot Lainnya:   Tutorial Singkat Cara Berlangganan YouTube Premium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 1 =