Beranda Tips

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Koneksi Tetap Stabil

47
0

Semakin banyaknya pengguna smartphone dan laptop maka salah satu kebutuhan akan koneksi internet nirkabel atau WiFi sangatlah dibutuhkan untuk dapat terhubung ke Internet. Tetapi ada kendala yang sering dihadapi oleh pengguna WiFi yaitu sinyal WiFi yang diterima tidak maksimal.

Penerimaan sinyal WiFi yang tidak maksimal banyak penyebabnya, salah satunya adalah letak router WiFi terlalu jauh. Nah di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memperkuat sinyal WiFi agar koneksi menjadi stabil.

Letakkan Router WiFi pada posisi yang tepat

Memperhatikan peletakan posisi router WiFi di sebuah ruangan dapat memperluas sinyal WiFi itu sendiri. sinyal WiFi memanfaatkan udara sebagai media penghantarnya. Usahakan agar tidak ada penghalang seperti tembok beton yang tebal karena sinyal akan sulit untuk menembusnya.

Letakkan router WiFI di tempat yang memang sering digunakan untuk beraktifitas kerja, agar perangkat laptop atau sejenisnya dapat menangkap sinyal WiFi dengan baik.

Menggunakan WiFi Repeater

Jika ruangan yang Gadgeteers sangat luas sehingga sinyal WiFi tidak dapat menjangkau semua ruangan maka Gadgeteers bisa gunakan alat memperluas sinyal WiFi yaitu WiFi repeater. WiFi repeater merupakan sebuah alat yang berguna untuk menerima sinyal WiFi kemudian memancarkannya kembali dengan sinyal yang lebih kuat.

Selain itu, alat ini juga cukup bagus untuk dikenakan pada tempat yang memiliki banyak tembok atau penghalang lainnya.

Reboot router WiFi secara berkala

Cara memperkuat sinyal wifi selanjutnya adalah dengan melakukan Reboot router WiFi secara berkala. menghidupkan router secara terus menerus dapat mengurangi jangkauan sinyal WiFi hal ini bisa dikarenakan komponen pada router mengalami peningkatan suhu. Untuk itu perlu dilakukan reboot atau restart router secara rutin sangatlah penting. Hal ini dilakukan karena router kerap mengalami masalah apabila digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Topik Hot Lainnya:   4 Game Simulasi Kapal Pesiar untuk Android

Menggunakan DD-WRT firmware

Trik selanjutnya yang bisa Gadgeteers coba untuk memperkuat sinya WiFi adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama DD-WRT firmware, download aplikasinya di website resminya. Gadgeteers dapat melakukan hack pada router supaya kekuatan pemancar sinyal akan ditingkatkan lebih tinggi.

Walaupun cukup membahayakan untuk router, namun Gadgeteers dapat menaikkan hingga 70 mW. Dengan begini, maka jangkauan sinyal akan bertambah hingga lebih dari dua kali lipat.

Gunakan channel yang kosong

Jika di wilayah Gadgeteers terdapat banyak orang yang menggunakan router WiFi, maka bisa jadi Gadgeteers berada pada channel yang sama dengan router tersebut sehingga kualitas sinyalnya menurun. Maka dari itu pilihlah channel WiFi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan sinyal.

Untuk mengetahui channel mana yang kosong Gadgeteers bisa menggunakan aplikasi inSSIDer download aplikasi tersebut dan instal di laptop Gadgeteers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 6 =