Beranda Tips

Cara Menampilkan Durasi Waktu Baterai yang Tersisa di Windows 10

197
0

Banyak yang telah dilakukan Microsoft terhadap perkembangan Windows 10, banyak update yang terus digulirkan sejak Windows 10 dirilis. Tetapi ternyata update yang dilakukan Microsoft menghilangkan beberapa fitur yang sangat dibutuhkan pengguna Windows 10 terutama yang menggunakan laptop yaitu kemampuan menampilkan durasi waktu yang tersisa saat kursor diarahkan pada ikon baterai, yang tersisa hanya persentase baterai saja. Meskipun masalah ini tidak dijumpai pada semua pengguna laptop dengan sistem operasi Windows. Bagi Gadgeteers yang mengalami hilangnya informasi durasi waktu yang tersisa pada baterai bisa mengikuti tutorial cara menampilkan durasi waktu baterai yang tersisa di Windows 10 berikut ini.

Langkah pertama yang harus Gadgeteers lakukan untuk menampilkan durasi yang tersisa di indikator baterai pada laptop yaitu membuka Registry Editor. Caranya ketikkan pada kolom search Windows 10 Registry Editor atau bisa dengan menekan tombol Win+R lalu ketikkan Regedit dan klik Ok maka jendela Registry Editor akan terbuka.

Setelah jendela Registry Editor terbuka, masuk ke bagian Power seperti yang terlihat di gambar. atau copy kode ini HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Power dan paste di kolom navigasi.

Langkah berikutnya pada panel kanan, hapus bagian EnergyEstimationDisabled dan UserBatteryDischargeEstimator. Tetapi jika UserBatteryDischargeEstimator maka bisa diabaikan cukup EnergyEstimationDisabled yang dihapus.

Setelah menghapus kedua key tadi, Gadgeteers wajib menambahkan key baru. Caranya pada panel kanan, klik kanan dan pilih New – DWORD (32-bit). Lalu beri nama EnergyEstimationEnabled.

Langkah terakhir Klik 2x pada key yang baru tersebut dan masukan angka 1. Kemudian Klik OK untuk menyimpan perubahan.


Setelah proses selesai, restart Windows 10 untuk mendapatkan efeknya. Setelah selesai restart, maka sekarang Gadgeteers akan kembali mendapati estimasi waktu yang tersisa pada baterai ketika mengarahkan mouse pada ikon baterai.

Topik Hot Lainnya:   3 Cara Blackberry “MengIndonesiakan” Z3

Demikian tutorial singkat bagaimana cara menampilkan durasi waktu yang tersisa pada baterai laptop di Windows 10. Selamat Mencoba !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 1 =