Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara melaporkan video yang kurang layak untuk ditonton anak, bagi Gadgeteers yang belum membacanya bisa cek di sini. Sekarang kita akan masuk ke topik Cara mengaktifkan fitur password di YouTube Kids.

Fitur password ini bertujuan agar orang tua dapat menambahkan password ke dalam aplikasi YouTube Kids. Dengan menambahkan password maka pengaturan yang sudah kita atur sebelumnya tidak dapat diubah dengan anak.

Contohnya saat kita sudah mengaktifkan mode timer di aplikasi YouTube Kids, lalu si anak ingin menonaktifkan mode timer yang sudah kita tentukan, maka mereka perlu masuk ke menu settingan. Nah ketika mencoba masuk ke menu “setting” maka akan muncul halaman yang meminta password. Dan password hanya membatasi anak dari menu pengaturan. Sedangkan saat menggunakan aplikasi ini seperti biasanya, seperti menonton video, tidak akan ada masalah. Berikut ini langkah – langkahnya.

  • Pertama sudah pasti buka aplikasi YouTube Kids di ponsel anak atau ponsel yang sering dia gunakan, selanjutnya tap saja gambar gembok yang ada di pojok kanan bawah.
  • Berikutnya Gadgeteers akan dibawa ke halaman konfirmasi bahwa Gadgeteers adalah “orang tua”. Gadgeteers akan diberi pertanyaan perkalian sederhana seperti dibawah ini. Silahkan jawab pertanyaan. Lalu tap tombol “KIRIM”.

    Langkah ketiga Gadgeteers akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini. Gadgeteers masuk saja ke menu “setelan” yang bergambar gear.

    Kemudian Scroll ke bawah sampai ketemu bagian “Verifikasi orang tua”, dibagian bawahnya ada menu “buat kode sandi”. Tap saja menunya.

  • Pada tahap ini Gadgeteers diminta untuk mengisi sandi yang berupa 4 digit angka. Gadgeteers isi saja dengan angka yang mudah Gadgeteers ingat, tapi tidak mudah ditebak anak.
  • Masukan ulang kode yang sama pada kolom konfirmasi kode sandi
  • Setelah itu Gadgeteers akan dibawah ke halaman sebelumnya tadi. Jika ada tambahan menu “Hapus kode sandi” dan menu baru “Ubah kode sandi”, itu artinya fitur kode sandinya sudah berhasil diaktifkan.

Maka sekarang password atau kode sandi sudah selesai diatur dan setiap Gadgeteers ingin masuk ke menu setting akan diminta kode sandi tersebut. Terdapat dua menu ubah kode sandi & hapus kode sandi tanda bahwa sudah berhasil. Demikian tutorial singkat kali ini semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri