Beranda Tips

Cara Mengaktifkan WinRE dan Menjalankannya di Windows 10

129
0

Ketika sistem operasi Windows gagal untuk memulai atau tiba-tiba restart, Windows Recovery Environment (WinRE) dapat digunakan untuk menjalankan perintah yang dapat menyelesaikan masalah. WinRE biasa digunakan untuk memperbaiki masalah pada Windows 10. WinRE sendiri menawarkan berbagai macam opsi perbaikan seperti system restore, safe mode, memperbaiki MBR, atau dapat juga kembali ke versi Windows 10 sebelumnya, dll.

Terdapat beberapa cara yang dapat Gadgeteers lakukan untuk masuk ke WinRE di Windows 10. Biasanya ketika Windows 10 mengalami kegagalan booting sebanyak 2x berturut-turut, maka secara otomatis masuk ke WinRE.

Secara default WinRE aktif, tetapi jika Gadgeteers mendapati pesan error “Could not find the recovery environment”, maka itu artinya WinRE tidak aktif, yang mana dapat Gadgeteers aktifkan terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan WinRE di Windows 10

Lankah pertama Gadgeteers Buka Command Prompt as Administrator. Lalu ketikan perintah dibawah ini untuk melihat status WinRE.
reagentc /info

Ketikan perintah dibawah ini untuk mematikan atau mengaktifkan WinRE.
reagentc /disable
reagentc /enable


Setelah WinRE aktif maka sekarang pertanyaannya bagaimana cara masuk ke moe WinRE ketika Windows 10 yang digunakan sedang bermasalah. Berikut beberapa caranya.

Melalui menu Advance Start-up

Cara pertama melalui Advanced Startup. Langkah mengaksesnya sebagai berikut :

  • Klik tombol Start lalu pilih Settings.
  • Di sana pilih Update & Security lalu
  • Pilih kolom Recovery.
  • Pada bagian Advanced Startup silahkan klik tombol “Restart Now”.

PC / laptop Gadgeteers kemudian akan masuk ke recovery mode. Di sana terdapat tiga opsi yang bisa Gadgeteers pilih yakni Continue, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Silahkan pilih Troubleshoot > Advanced Options hingga muncul berbagai macam pilihan. Selanjutnya silahkan pilih Startup Settings lalu Restart komputer Gadgeteers.

Topik Hot Lainnya:   Cara menggunakan Aplikasi WeSing dan Menguploadnya ke Media Sosial

Melalui System Configuration

Cara mengakses WinRE berikutnya adalah melalui System Configuration, langkah-langkahnya sebagai berikut

  • Ketik “msconfig” atau “system configuration” di Windows Search lalu tekan enter.
  • Akan muncul jendela system configuration, silahkan klik tab Boot, lalu ceklis opsi Safe Boot yang ada di bagian kiri bawah.

Di bawahnya terdapat 4 macam metode safe boot yang bisa dipilih, yakni:

  • Minimal: Menjalankan safe mode dengan memuat driver dan service yang penting saja, tetapi dalam tampilan Windows standar
  • Alternate Shell: Menjalankan safe mode dengan Command prompt tanpa Windows GUI. Untuk menjalankan fitur ini dibutuhkan pengetahuan untuk menggunakan Windows tanpa bantuan mouse.
  • Active Directory Repair: Menjalankan safe mode yang memiliki akses ke komponen komputer. Fitur ini sangat cocok digunakan ketika kita gagal menginstal hardware baru.
  • Network: Menjalankan safe mode dengan tambahan driver dan service yang digunakan untuk mengakses jaringan serta menggunakan tampilan Windows GUI standar.

Silahkan pilih salah satu dari keempat fitur tambahan tersebut, lalu klik tombol “Apply” dan “OK”. Selanjutnya akan muncul pertanyaan apakah ingin melakukan restart sekarang atau tidak. Silahkan lakukan restart untuk masuk ke safe mode tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 4 =