Beranda Tips

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal yang Cepat Penuh di Ponsel Oppo

415
0

Bila Gadgeteers melihat spesifikasi ponsel, dan di sana tertulis kapasitas penyimpanan internal sebesar 4GB. Jangan heran bila ternyata setelah dicek kapasitas penyimpanan internal tersebut berbeda terpaut jauh yakni hanya kurang lebih hanya 1GB saja.

Hal tersebut pun berlaku untuk ponsel pabrikan asal Tiongkok yakni Oppo, sebagai contoh pada Oppo seri Yoyo, Joy dan Find 5 Mini.

switch-partitions-oppo

Berkurangnya kapasitas penyimpanan internal pada ponsel seri Oppo tersebut dikarenakan menggunakan sistem pembagian penyimpanan internal terpisah (non unified). Dalam hal ini misalnya kapasitas penyimpanan internal memang benar 4GB, namun dibagi lagi 2GB untuk sistem, cache, dan lain sebagainya, 1GB untuk aplikasi, dan sisa 1GB lainnya untuk penyimpanan data.

Tentunya hal tersebut bagi sebagian orang merupakan masalah yang cukup serius. Namun dalam hal ini, ada cara mengatasi penyimpanan internal yang cepat penuh di ponsel Oppo, yakni dengan menggunakan Switch Partition. Tujuan dari switch partition adalah menggabungkan partisi penyimpanan internal menjadi unified, dengan kata lain penyimpanan sistem, aplikasi dan data-data berubah menjadi satu.

Namun sebelum melakukan switch partition ini, ada beberapa hal yang harus Gadgeteers perhatikan. Pertama, semua data dalam penyimpanan internal akan dihapus oleh sistem tersebut. Oleh karena itu ada baiknya Gadgeteers melakukan backup data terlebih dahulu.

Kedua, pastikan ponsel Oppo sudah berada di sistem operasi Color terbaru. Kalau tidak salah, menu switch partition tersebut muncul pada firmware yang sudah diperbarui sejak Januari 2015.

Bila kedua hal penting tersebut sudah diperhatikan, tidak salahnya langsung membahas cara mengatasi penyimpanan internal yang cepat penuh di ponsel Oppo menggunakan switch partition.

switch-partitions-atau-ganti-partisi-oppo-coloros

  • Khusus untuk ponsel Oppo, Gadgeteers tinggal masuk saja ke menu pengaturan lalu ke lain-lain dan pilih menu switch partition.
  • Dalam menu switch partition, Gadgeteers centang confirm to erase lalu pilih switch partition (seperti pada gambar)
Topik Hot Lainnya:   Chat Makin Hemat Kuota dengan LINE Lite

Jangan khawatir bila muncul menu pemberitahuan atau warning. Tekan saja OK untuk menyetujuinya dan melanjutkan proses swicth partition. Bila proses sudah selesai, Gadgeteers dapat mengeceknya dalam menu available space.

Cara switch partition ini pun menjadi solusi bagi Gadgeteers yang menemukan pesan “tidak cukup ruang pada perangkat” saat mencoba menginstall aplikasi di ponsel Oppo. Selamat mencoba ya!

via Ikeni.net
featured image via oppoindonesia.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 2 =