Beranda Tips

Cara Mengatasi Pesan Voice Note yang Tidak Bisa Dibuka

1225
0

Pesan suara atau voice note, merupakan fitur dari WhatsApp yang sangat membantu penggunanya untuk membalas pesan ketika sedang tidak bisa mengetik. Cukup dengan menahan ikon mic pada kolom dan ucapkan kata-kata maka pesan suara langsung bisa dikirim. Namun terkadang, pada kondisi tertentu, voice note yang diterima di WhatsApp tidak dapat dibuka, sehingga kita tidak mengetahui apa isi pesan tersebut. Kondisi seperti ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

Perbarui versi WhatsApp

Cara pertama untuk mengatasi pesan voice note tidak bisa dibuka adalah dengan memperbarui versi WhatsApp yang digunakan saat ini. Bisa jadi masalah tersebut adalah sebuah bug dari aplikasi, biasanya dengan memperbarui WhatsApp maka masalah atau error sistem akan teratasi.

Lakukan reset jaringan internet

Voice note yang tidak bisa dibuka bisa disebabkan karena saat sedang mendownload file koneksi internet sedang tidak stabil, sehingga file tidak terdownload secara sempurna. Untuk Mengatasi hal ini Gadgeteers bisa melakukan reset pada jaringan internet yang sedang digunakan. Setelah di reset coba ulangi mendownload voice note tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mereset koneksi internet, cara tersebut sangat mudah.

  • Aktifkan mode pesawat (flight mode), tunggu beberapa saat, lalu menonaktifkan mode tersebut. Dengan mengaktifkan lalu menonaktifkan mode ini, jaringan data akan dipaksa mati lalu hidup lagi. Biasanya caranya ini cukup efektif.
  • Restart perangkat kalian. Ini bisa mengatasi masalah jaringan tadi.
  • Menggunakan menu *#4636#*#*

Ganti koneksi internet dari mobile data ke WiFi atau sebaliknya

Cara ketiga untuk mengatasi masalah voice note WhatsApp adalah mengganti koneksi internet menjadi Wifi. Ketika menggunakan jaringan wifi ternyata bisa mengirim dan membuka pesan suara, maka artinya jaringan internet memang sedang tidak baik.

Topik Hot Lainnya:   Cara Mudah Mengubah JPG ke PDF di Android dan PC

Namun jika awalnya kalian menggunakan wifi, maka cobalah mengganti ke mode koneksi Mobile data.

Clear data aplikasi WhatsApp

Voice note yang tidak bisa dibuka bisa disebabkan oleh data yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp sudah memenuhi memori, maka perlu dilakukan clear data. Cara melakukan clear data aplikasi WhatsApp sangatlah mudah caranya masuk ke menu setting, dan cari pengaturan aplikasi, lalu pilih aplikasi WhatsApp, kemudian tap tombol “Clear data”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + 4 =