Beranda Tips

Cara Mengatasi Sinyal Ponsel yang Hilang

191
0

Smartphone secanggih apapun jika tidak ada sinyal dari operator seluler akan terasa sia-sia. Pasti Gadgeteers pernah mengalami hal tersebut, ponselnya tiba-tiba saja tidak mendeteksi sinyal seluler apalagi disaat penting. Jangan keburu kesal dahulu, saya punya solusinya cara mengatasi sinyal hp yang hilang.

Aktifkan Mode Pesawat

Cara pertama untuk mengembalikan sinyal hp yang hilang adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau  Airplane Mode di HP kamu. Biarkan beberapa saat lalu non-aktifkan mode tersebut. Cara ini membuat perangkat akan  mencari server jaringan 4G LTE baru atau yang lebih baik. Cara ini sudah banyak dilakukan dan terbukti efektif.

Cek Pemasangan SIM Card

Banyak faktor yang bisa menyebabkan ponsel tidak mendeteksi sinyal selular , salah satu penyebabnya dalah pemasangan kartu sim card yang tidak tepat pada slot. Cobalah untuk membuka sim card dan memasangnya dengan tepat.

Cari Jaringan Secara Manual

Jika kamu sedang berada di daerah yang susah akan sinyal operator seluler, ada baiknya untuk memilih jaringan secara manual. Caranya mudah kamu cukup masuk ke menu pengaturan jaringan yang terdapat pada menu Settings di HP Android lalu masuk  Network – Connections – Mobile Network – pilih Operator – Select Automatically. Smartphone akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi. selain itu gunakan pengaturan 3G agar ponsel bisa mendeteksi jaringan yang paling baik.

Restart HP

Bila langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun sinyal masih belum muncul juga coba dengan melakukan restart ponsel dan biarkan ponsel mencari jaringan baru.

Hubungi Customer Service Operator

Hilangnya sinyal bisa jadi bukan kesalahan pada ponsel Gadgeteers, bisa jadi memang sedang ada perbaikan atau gangguan pada jaringan operator di daerah tersebut. Cobalah untuk menghubungi customer service operator sesuai dengan jaringan yang digunakan, tanyakan apakah sedang ada gangguan pada daerah tersebut. 

WN

Topik Hot Lainnya:   5 Istilah Garansi Pada Gadget Yang Perlu Kamu Tahu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − 5 =