Mengatur kecerahan layar monitor baik PC/laptop sangatlah penting, karena bertujuan untuk kenyamanan menatap layar monitor saat bekerja. Berbeda dengan smartphone yang memiliki fitur auto brightness, di PC/ laptop kebanyakan menggunakan tombol khusus yang tersedia di keyboard atau menggunakan control panel yang terdapat di Windows 10.

Berikut Ada beberapa cara yang bisa Gadgeteers pilih untuk meningkatkan kecerahan layar monitor pada Windows 10.

Menggunakan tombol fisik

Cara pertama untuk mengatur meningkatkan atau mengurangi kecerahan layar monitor adalah dengan menggunakan tombol fisik di keyboard.

Ada yang menggunakan kombinasi tombol fn, tapi ada juga yang memiliki tombol dedicated, tergantung jenis laptop yang sedang Gadgeteers gunakan.

Menggunakan klik kanan mouse

Cara kedua untuk mengatur kecerahan layar monitor adalah dengan mengklik kanan mouse pada tampilan desktop, akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih Display Setting maka akan muncul jendela setting baru yang terdapat beberapa pilihan. untuk mengatur kecerahan cukup geser  slider pada bagian brightness and display. Selesai mengatur tinggal tutup Windows settings.

Melalui action center

Pada Windows 10 terdapat kumpulan menu yang disebut Action Center, untuk mengaksesnya Gadgeteers bisa menekan kombinasi tombol (Win+A) atau klik icon di sudut kanan bawah toolbar. Di action center Gadgeteers akan menemukan slider brightness. geser sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan mobility center

Cara berikutnya untuk mengatur tingkat kecerahan layar monitor adalah dengan mengakses menu mobility center. caranya bisa menggunakan kombinasi tombol (Win+X) atau klik kanan pada tombol start menu. Setelah itu akan muncul Windows mobility center yang mana terdapat beberapa pengaturan dasar.

Melalui menu Settings

Selain cara yang sudah disebutkan diatas, mengatur kecerahan layar monitor juga bisa dilakukan melalui menu setting. Caranya buka menu setting lalu pilih menu system dan Gadgeteers akan dibawa ke tampilan pengaturan display. tinggal atur slider yang ada di menu tersebut.

Melalui menu Power Options

Cara terakhir untuk mengatur tingkat kecerahan layar monitor pada Windows 10 adalah melalui menu power options. Caranya klik kanan pada ikon baterai lalu pilih power options, akan muncul Windows power options, di bagian bawah terdapat slider brightness display geser ke kanan untuk meningkatkan kecerahan dan geser ke kiri untuk menurunkan tingkat kecerahan.

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri