Beranda Aplikasi

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

2311
0

WhatsApp sekarang bukan hanya sekedar aplikasi kasih chat buat saling bertukar kabar. Sekarang beberapa pengguna sudah menggunakan WhatsApp untuk berkirim file atau dokumen pekerjaan. Bayangkan jika file penting tersebut hilang maka apa yang sebaiknya Gadgeteers lakukan? Hal yang perlu dilakukan adalah mengembalikan file WhatsApp yang terhapus tersebut.

Penyebab File hilang atau terhapus di WhatsApp

Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah file WhatsApp hilang, bisa dari unsur tidak sengaja terhapus atau terjadi error pada aplikasi WhatsApp sehingga memaksa kita untuk menginstal ulang aplikasi tersebut. Selain hal itu bisa dari kegagalan baca SD card sehingga file yang berada di dalamnya ikut hilang juga.

Memang terkadang kita lupa untuk mengecek data-data pada ponsel sebelum mereset atau flash ponsel. Jika itu terjadi tentu file-file didalamnya akan hilang semua tak terkecuali juga data WhatsApp kita. Panik, mungkin itu yang akan terjadi ketika hal diatas terjadi pada kita. Terlebih lagi jika banyak file penting yang tersimpan didalam aplikasi WhatsApp.

Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Gadgeteers dilakukan untuk mengembalikan file WhatsApp yang terhapus.

Mengatasi File Whatsapp yang Terhapus di menggunakan fitur auto backup

Cara yang pertama ini kita menggunakan fitur auto backup yang memang sudah disediakan oleh WhatsApp untuk mengatasi masalah yang pasti akan terjadi pada penggunaannya. Oleh karena itu, Whatsapp punya sistem back-up otomatis yang selalu bekerja tanpa Gadgeteers ketahui. Coba saja Gadgeteers buka menu Settings > Chats > Chat Backup.

Gadgeteers akan melihat bahwa setiap jam 2 pagi Whatsapp akan mem-backup semua file Gadgeteers ke dalam database. File ini akan tersimpan di smartphone Gadgeteers selama 7 hari.

Datanya akan terus di-update, dan hanya menyimpan data dari aktivitas Gadgeteers selama 7 hari terakhir.
Tetapi untuk dapat mengembalikan file tersebut, Gadgeteers harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur backup, karena secara default fitur ini tidak aktif.

Saya Anggap sekarang Gadgeteers sudah mengaktifkan fitur tersebut, untuk mengembalikan file atau restore berikut ini langkah – langkahnya :

Langkah pertama uninstall aplikasi WhatsApp di smartphone Gadgeteers, Hal ini dilakukan agar bisa masuk ke dalam proses restore.

  • Setelah proses uninstall WhatsApp, sekarang instal kembali aplikasi Whatsapp dan buka aplikasinya. Gadgeteers akan memulai proses dari awal, di halaman awal tap saja Agree and Continue.
  • Berikutnya Gadgeteers akan melewati proses verifikasi nomor telepon. Masukkan nomor ponsel yang Gadgeteers gunakan untuk akun Whatsapp. Jika sudah tap Next, dan akan muncul pop-up konfirmasi pilih OK.
  • WhatsApp akan meminta Gadgeteers untuk memverifikasi nomor WhatsApp. Whatsapp akan mengirim kode OTP ke nomor telepon Gadgeteers. Tunggu saja sampai prosesnya selesai, karena ini akan berjalan otomatis.
  • Setelah proses verifikasi selesai, Whatsapp akan mendeteksi apakah di HP Gadgeteers tersimpan file back-up. Jika ada maka akan muncul halaman Restore Backup seperti gambar di bawah. Maka Gadgeteers pilih Restore.
  • Tunggu hingga proses restore selesai, jika sudah tap Next untuk melanjutkan langkah mengembalikan file Whatsapp yang sudah terhapus.
  • Langkah terakhir adalah Whatsapp akan menampilkan foto serta nama profil Gadgeteers. Gadgeteers bisa mengubah atau lanjut dengan tap Next.
  • Tunggu hingga proses loading selesai dan Gadgeteers akan masuk ke ruang chat Whatsapp. Semua data termasuk foto, video, chat, dan rekaman suara akan kembali ke aplikasi Whatsapp Gadgeteers.
Topik Hot Lainnya:   Muslim Pro, Aplikasi yang Pas Saat Ramadhan

Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

Mengembalikan file yang yang hilang selain dengan menggunakan cara di atas, Gadgeteers juga bisa menggunakan PC untuk mengembalikan file foto, video dengan bantuan software bernama EaseUS Data Recovery Wizard .

Jika cadangan disimpan di PC, Gadgeteers dapat menggunakan perangkat lunak apa pun untuk mengembalikan file whatsapp yang dihapus. Contohnya adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Secara teori cara ini mungkin dilakukan dengan opsi “pemindaian mendalam” dan peluang keberhasilannya akan lebih tinggi jika file memang masih ada dan waktu penghapusan belum lama. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Langkah pertama download terlebih dahulu EaseUS Data Recovery Wizard di website resminya di sini.
  • Setelah terinstal lalu pilih disk tempat Gadgeteers menyimpan file cadangan.
  • Langkah berikutnya kfik “Pindai” dan tunggu hingga selesai, setelah itu sortir file berdasarkan jenisnya.
  • Terakhir Klik tombol “Recover” untuk mengembalikan file — file.

DiskDigger

DiskDigger adalah salah satu Aplikasi Recovery Data Android dimana DiskDigger ini dapat membatalkan penghapusan dan memulihkan foto yang hilang dan gambar dari kartu memori atau memori internal. Tidak ada tambahan tool lagi hanya cukup satu Aplikasi Recovery Android Jika Gadgeteers tidak sengaja menghapus foto, atau bahkan diformat ulang kartu memori Gadgeteers. Gadgeteers dapat menginstal aplikasi ini secara gratis di Play Store.

Fitur pemulihan data yang kuat DiskDigger dapat menemukan gambar Gadgeteers hilang dan akan menampilkan kembali hingga semua terkumpul seperti semula. Tidak hanya itu Aplikasi DiskDigger ini juga bisa mengembalikan file video, music yang terformat.

Kelebihan Aplikasi Recovery Android DiskDigger
Disini Gadgeteers dapat meng-upload file yang Gadgeteers pulihkan langsung ke penyimpanan Google Drive, Dropbox, atau bisa kirim melalui pesan email. Aplikasi ini juga memungkinkan Gadgeteers untuk menyimpan file ke folder lokal yang berbeda pada perangkat Android Gadgeteers.

Topik Hot Lainnya:   Belum Satu Bulan, Netflix Diblokir oleh Telkom Group

Dumpster – Recycle Bin

Aplikasi android yang satu ini bisa Gadgeteers gunakan untuk mengembalikan data terhapus di Android. Fungsinya sama persis seperti recycle bin yang ada di komputer. Dengan recycle bin ini Gadgeteers bisa memulihkan berbagai macam file yang terhapus.

Gadgeteers bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus melakukan root di android Gadgeteers. Aplikasi ini mudah dilakukan sehingga dengan demikian Gadgeteers perlu menginstal aplikasi ini dengan segera dari android Gadgeteers.

Berikut langkah-langkah mengembalikan file menggunakan Dumpster

Langkah pertama Gadgeteers  download dan instal aplikasi Dumpster di Play Store

Kemudian buka aplikasi dumpster lalu pilih jenis file yang akan dikembalikan, Gadgeteers bingung pilih saja “ALL” untuk mengembalikan semua jenis file.

Setelah scanning file selesai, akan muncul beberapa file yang telah terhapus, Pilih file atau data yang ingin Gadgeteers kembalikan.

Setelah Gadgeteers memilih file yang ingin dikembalikan, Gadgeteers tinggal mengklik “RESTORE” untuk mengembalikan file yang terhapus di android Gadgeteers.

Fitur yang dimiliki dumpster

  • Mengembalikan foto yang terhapus, file musik, video dan hampir semua jenis file (pdf, mp3, doc, avi, mp4, jpg, png, rar, ogg, txt dan masih banyak lagi). Aplikasi ini tidak memerlukan rooting smartphone.
  • Tidak perlu rooting smartphone namun jika Gadgeteers melakukannya, Gadgeteers akan mendapatkan meningkatkan kerja aplikasi
  • Tidak memerlukan koneksi internet.
  • Dapat memulihkan aplikasi yang di uninstall.
  • Kembalikan file hanya sekali tekan.
  • Pratinjau file foto, video dan audio yang telah di hapus sebelum pulih.
  • Auto scheduled item yang telah terhapus
  • Sistem keamanan privasi Gadgeteers dengan layar kunci khusus

Itulah cara – cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus yang bisa dilakukan dengan bantuan fitur auto backup dari WhatsApp dan aplikasi recovery data lainnya yang tersedia di Play Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =