Beranda Tips

Cara Mengembalikan History Chat dan File di WhatsApp Android

385
0

Aplikasi pesan instan WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer. Sangking populernya hampir semua percakapan, file banyak tersimpan di sana. Namun apa jadinya jika semua history chat dan file yang dikirim melalui WhatsApp hilang disaat kita sangat membutuhkannya. Di artikel ini saya akan jelaskan cara mengembalikan history chat dan file di aplikasi WhatsApp khusus untuk Android.

Sebelum saya mulai tutorialnya, sebaliknya Gadgeteers mengetahui terlebih dahulu apa penyebab history chat dan file bisa hilang. Ada beberapa penyebabnya, diantaranya aktivitas flash ulang Android, update OS Android atau akibat kecerobohan pengguna yang menghapus chat itu sendiri.

Ada dua langkah yang harus Gadgeteers lakukan agar history chat dan file di Wh bisa kembali, langkah pertama

Backup File

Backup file dan history chat menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh WhatsApp. Caranya :

  • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke menu setting.
  • Di menu setting pilih chat kemudian klik cadangan chat
  • Pilih cadangan chat menggunakan Google Drive, kemudian atur waktu pencadangan harian. Maka WhatsApp akan melakukan cadangan chat setiap hari ke akun Google Drive. History chat dan file akan tersimpan selama 7 hari dan akan terus berulang.

Langkah Kedua Restore

Pada tahap restore, saya sarankan untuk meng-uninstal aplikasi WhatsApp, kemudian meng-instalnya kembali

  • Setelah proses instal ulang WhatsApp selesai, maka WhatsApp akan mendeteksi apakah ada file yang sudah dicanangkan, jika ada maka akan muncul halaman restore backup. Pilih tombol restore.
  • Tunggu hingga proses restore selesai, jika sudah klik Next untuk melanjutkan langkah mengembalikan file Whatsapp yang terhapus.
  • WhatsApp akan menampilkan foto dan kolom nama profil, isi dan klik Next
  • Tunggu proses restore selesai, dan semua history chat dan file akan kembali sesuai dengan file terakhir yang dicanangkan.
Topik Hot Lainnya:   Langkah Mudah Mengaktifkan USB Debugging di Smartphone Android Huawei

Catatan, agar proses restore backup berjalan lancar dan semua file serta history chat kembali normal, lakukan langkah ini pada koneksi WiFi yang stabil.

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + 1 =