Beranda Aplikasi

Cara Mengetahui Jenis Font Pada Gambar Dengan Mudah Secara Online

28
0

Mungkin beberapa dari Gadgeteers pernah mengalami masalah ini, saat diberikan sebuah contoh poster atau pamflet dan diminta untuk menggunakan jenis huruf yang sama pada contoh tersebut dan kebetulan jenis huruf yang diminta tidak tersedia di font library Gadgeteers.  Hal yang biasa kita lakukan adalah men-tracing huruf tersebut, namun pastinya akan memakan waktu yang cukup lama. Cara lainnya adalah mencari jenis huruf tersebut di internet, tetapi hal ini pun tidak semudah yang Gadgeteers bayangkan, sebelum mencarinya di internet Gadgeteers harus tahu terlebih dahulu tahu nama dari jenis font yang dimaksud. Untuk itu pada artikel ini akan saya berikan bagaimana cara mengetahui jenis font pada gambar dengan mudah secara online. Ada beberapa cara yang akan saya jelaskan berikut ini.

 WhatTheFont – iTunes 

Jika Gadgeteers pengguna iPhone, ada sebuah aplikasi yang bisa Gadgeteers instal untuk mengetahui jenis font yang terdapat pada gambar. Aplikasinya bernama WhatTheFont, aplikasi ini bisa Gadgeteers download secara gratis di App store. Dengan aplikasi ini Gadgeteers dapat mengetahui jenis dan nama font. Cara menggunakannya pun cukup mudah,pertama, Gadgeteers hanya perlu memfoto font yang ingin Gadgeteers ketahui. Disarankan untuk memfoto hanya font-nya saja dan harus jelas. Kemudian, Gadgeteers bisa buka aplikasinya dan masukan hasil jepretan Gadgeteers tadi ke dalam aplikasi.

 WhatFontis

Untuk cara yang kedua ini Gadgeteers tidak perlu menggunakan aplikasi di smartphone, sebab untuk mengetahui jenis font gadgeteers cukup membuka browser dan masuk ke situs bernama WhatFontis. Jika menggunakan situs ini, Gadgeteers akan diberikan dua pilihan yaitu langsung meng-upload gambar yang ada font untuk di identifikasi atau bisa juga melalui URL dari gambar tersebut jadi tidak perlu menyimpan gambar terlebih dahulu cukup dengan memasukkan URL dari gambar tersebut.

Setelah proses upload maka  Gadgeteers akan diminta untuk mengetik setiap huruf yang ada pada gambar tersebut, tunggu beberapa saat hingga proses identifikasi huruf selesai.setelah selesai di sana akan muncul lebih dari satu jenis font lengkap dengan link font-nya. biasanya huruf yang paling atas adalah huruf yang paling mendekati.

Identifont 

Selain menggunakan WhatFontis, Gadgeteers bisa menggunakan website identifikasi font lainnya seperti Identifont .Perbedaanya dengan WhatTheFont yaitu  Identifont menawarkan pencarian font dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Jadi, dengan menggunakan Identifont ini Gadgeteers hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan seputar jenis font yang Gadgeteers lihat atau yang ingin Gadgeteers ketahui. cara menggunakannya, setelah website terbuka di halaman utama akan muncul beberapa kolom kosong dengan pertanyaan. Jawab semua pertanyaan dengan seakurat mungkin. Penting sebelum Gadgeteers menggunakan Identifont, Gadgeteers harus mengetahui sedikit tentang jenis font. Gadgeteers akan ditanyakan kemiripan jenis font yang ingin diketahui dengan font yang sudah Gadgeteers ketahui. Atau Gadgeteers juga bisa mencari jenis font dari pembuat font tersebut. 

Fontface Ninja

Cara terakhir yang bisa Gadgeteers gunakan untuk mengetahui jenis font terutama jenis font yang digunakan pada sebuah website adalah Fontface Ninja. Fontface Ninja merupakan Add-ons yang bisa Gadgeteers pasang di browser mulai dari browser Safari, Mozilla, hingga Chrome.

Silahkan pasang terlebih dahulu Add-ons Fontface Ninja di browser yang Gadgeteers gunakan setelah itu buka situs web yang ingin Gadgeteers ketahui jenis font-nya setelah itu Add-ons ini akan secara otomatis mencari font dari situs tersebut.  Cara ini cocok untuk Gadgeteers yang berprofesi sebagai web designer.

Topik Hot Lainnya:   Beberapa Aplikasi Android untuk Membuat Video Cantik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 16 =