WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan, sangking populernya aplikasi ini, tidak jarang beberapa pengguna memiliki dua akun WhatsApp di dua ponsel yang berbeda. Hal ini dilakukan pengguna biasanya untuk membedakan WhatsApp pribadi dan WhatsApp untuk urusan bisnis.

Sebenarnya  whatsApp telah menjawab kebutuhan itu dengan meluncurkan aplikasi WhatsApp Business dengan beberapa fitur pendukung bisnis, namun sepertinya masih kalah jumlah penggunanya dengan WhatsApp versi biasa.

Jika Gadgeteers masih ingin mengguna dua WhatsApp, tapi dengan tidak menambah jumlah ponsel, saya akan bagikan beberapa cara agar bisa menggunakan dua WhatsApp dalam satu ponsel.sebelum memulai tutorial ini pastikan gadgeteers sudah mempunyai dua nomor WhatsApp yang berbeda. Untuk menyingkat waktu ikuti langkah-langlahnya berikut ini.

Menggunakan Fitur Dual Akun Messenger Pada Ponsel

Cara ini khusus untuk ponsel – ponsel Android keluaran terbaru, yang sudah terdapat fitur dual messenger. Cara mengaktifkanya adalah masuk kemenu settings  lalu pilih Advance Features  dan masuk ke menu Dual Messenger.

Di menu dual messenger akan terdapat pihan beberapa aplikasi pesan instan yang Gadgeteers guinakan, tinggal geser saja ke kanan untuk mengaktifkan aplikasi pewsan instan mana yang ingin dua akun, karena kita ingin dua akun WhatsApp aktif, maka geser ke kanan tombol WhatsApp.

Menggunakan Dua WhatsApp dengan Memakai Aplikasi Tambahan

Jika ponsel Android Gadgeteers tidak memiliki fitur dual messenger seperti cara pertama tadi, maka solusinya, kita harus menginstal aplikasi pihak ketiga yang bernama Parallel Space. Berikut cara menggunakan aplikasi Parallel Space,

  • Langkah pertama unduh dan instal aplikasi Parallel Space di Google Play Store
  • Jalankan aplikasi Parallel Space maka akan muncul semua aplikasi yang telah di instal pada ponsel, pilih WhatsApp
  • Setelah di pilih selanjutnya instal aplikasi seperti biasa, masukan nomor ponsel dan poses pun selesai

Menggunakan WhatsApp Business

Seperti yang telah disebutkan di awal tutorial ini,jika tujuan Gadgeteers menggunakan dua WhatsApp untuk memisahkan keperluan pribadi dan bisnis, maka aplikasi WhatsApp Business adalah pilihan yang tepat. Di Aplikasi WhatsApp Business kita di permudah dengan beberapa fitur yang tidak kita jumpai pada WhatsApp biasa, sepertoi fitur label, menjawab pesan otomatis saat diluar jam kerja.

Sekian tutorial singkat bagaimana cara mengaktifkan dua akun Whatsapp pada satu HP semoga berhasil dan selamat mencoba.

WN