Beranda Tips

Cara Menggunakan Keyboard Fisik Di Ponsel Android Menggunakan USB OTG

811
0

Pada kesempatan yang lalu kita sudah ngebahas tentang kegunaan USB OTG pada ponsel Android, nah disana sempat disinggung tentang kegunaan USB OTG untuk menyambungkan mouse atau keyboard. Di artikel ini kita akan kasih tahu kepada Gadgeteers cara menggunakan keyboard fisik untuk mengetik di ponsel Android menggunakan USB OTG. 

Pertama siapkan terlebih dahulu keyboard dan USB OTG serta ponsel Android yang sudah mendukung fitur OTG. Kemudian buka menu setting pada ponsel Android, lalu pilih Additional Settings dan pilih Language & input. Letak menu ini berbeda – beda di setiap ponsel Android jadi pastikan Gadgeteers menemukan menu pengaturan Language & input.


Langkah selanjutnya  Pilih Physical keyboard

Keyboard yang telah terhubung ke ponsel akan muncul di kolom Physical Keyboard, pastikan pengaturan keyboard tertulis default.

Ponsel  yang dapat membaca keyboard fisik akan terkoneksi secara otomatis. Namun, beberapa merek ponsel Android seperti vivo, Oppo, dan Realme tidak dapat terkoneksi dengan keyboard fisik.Tetapi jika menggunakan merek lain tetap juga tidak bisa  bisa terkoneksi dengan keyboard, Gadgeteers bisa memeriksanya dengan aplikasi Easy OTG Checker yang ada di Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Gadgeteers bisa mengetahui apakah USB yang digunakan tersambung dengan ponsel Android. Caranya menggunakan aplikasi ini sangat mudah, berikut caranya :

Langkah 1 – Buka aplikasi Easy OTG Checker, lalu klik tanda tanya

Sebelumnya pastikan Gadgeteers menghubungkan USB OTG dengan ponsel Android Gadgeteers

Langkah 2 – Klik Ok dan hasilnya akan muncul

Gadgeteers akan diberikan tanda checklist hijau jika USB tersambung, serta tanda silang jika tidak bisa tersambung.

Itu tadi cara menyambungkan keyboard fisik ke ponsel Android, bagaimana cukup mudahkan,  untuk Gadgeteers yang ingin menyambungkan juga dengan mouse bisa gunakan mouse bluetooth.Atau jika keyboard yang digunakan untuk mengetik ada fitur bluetoothnya maka akan lebih mudah lagi menghubungkan ke ponsel Android, sama seperti menghubungkan perangkat bluetooth lainnya. Dan ini juga solusi untuk Gadgeteers yang ponsel Androidnya tidak mendukung fitur USB OTG. Selamat mencoba. 

Topik Hot Lainnya:   Tiga Hal yang Wajib Kamu Tahu Bila Ingin Beli Ponsel Dual Kamera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =